Siklus Erupsi Besar Gunung Merapi akan Terjadi 2014

Gunung Merapi meletus
Sumber :

VIVAnews - Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan erupsi yang terjadi pada Gunung Merapi di Jawa Tengah pada Senin, 18 November 2013, bukan siklus empat atau lima tahunan. Bila dihitung dari erupsi besar yang terjadi pada 2010, maka siklus itu akan terulang pada 2014.

Dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Merapi dengan ketinggian 2.968 mdpl itu, erupsi terakhir pada bulan Oktober-November 2010. Dengan erupsi empat atau lima tahun, Gunung Merapi dianggap sangat berbahaya. Tingkat bahaya itu juga disebabkan lantaran gunung ini dikelilingi pemukiman yang sangat padat.

Kepala Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  Hendrasto mengatakan, letusan dasyat Merapi dalam empat atau lima tahun sekali ditandai dengan beberapa ciri-ciri. Salah satunya, kubah yang terbentuk di puncak Merapi.

Nah, ini jadi pertanda siklus itu," ujarnya.

Tapi hari ini, petugas belum melihat ada kubah ini di puncak Merapi. Selain itu, getaran-getaran yang dimunculkan Merapi masih tergolong normal. Letusan hari ini disebut sebagai fase erupsi freatik. Letusan ini berasal dari dalam lapisan litosfer akibat meningkatnya tekanan uap air.

Fase ini terjadi apabila air hujan jatuh ke permukaan tanah dan bersentuhan dengan magma atau tubuh batuan panas lainnya. Air yang dipanasi itu akan mengakumulasi dalam bentuk uap bertekanan tinggi.

Pilpres Usai, Mahfud: Perjuangan Belum Berhenti

Kemudian dipicu dengan gempa di sekitar gunung. Diketahui bahwa satu menit sebelum letusan freatik (gas) Gunung Merapi, terjadi gempa tektonik yang bersumber dari Ciamis, Jawa Barat.

Sejak tahun 1548, gunung ini diperkirakan sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak di bawah 30 km dari puncak gunung.

Di lerengnya masih terdapat pemukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek gunung api dekade ini

Menurut catatan Wikipedia, Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan menjadi salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Merapi adalah gunung termuda dalam rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan dari Gunung Ungaran. Letusan gunung ini terbentuk karena aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa.

Karakteristik letusan sejak 1953 adalah desakan lava ke puncak kawah disertai dengan keruntuhan kubah lava secara periodik dan pembentukan awan panas (nuée ardente) yang dapat meluncur di lereng gunung atau vertikal ke atas. Letusan tipe Merapi ini secara umum tidak mengeluarkan suara ledakan tetapi desisan. Kubah puncak yang ada sampai 2010 adalah hasil proses yang berlangsung sejak letusan gas 1969.

Pada tahun 2006, pakar geologi mendeteksi adanya ruang raksasa di bawah Merapi berisi material seperti lumpur yang secara "signifikan menghambat gelombang getaran gempa bumi". Para ilmuwan memperkirakan material itu adalah magma. Kantung magma ini merupakan bagian dari formasi yang terbentuk akibat menghunjamnya Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Pada November 1994 erupsi Merapi menyebabkan luncuran awan panas ke bawah hingga menjangkau beberapa desa dan memakan korban 60 jiwa. Pada 19 Juli 1998, terjadi juga erupsi besar yang mengarah ke atas sehingga tidak memakan korban jiwa.

Pada 2001-2003 aktivitas tinggi Merapi berlangsung terus-menerus. Pada 2006 Gunung Merapi kembali beraktivitas tinggi dan sempat menelan dua nyawa sukarelawan di kawasan Kaliadem karena terkena terjangan awan panas.

Pada Oktober dan November 2010, erupsi Merapi dievaluasi sebagai yang terbesar sejak letusan 1872. Sebanyak 273 orang meninggal per 17 November 2010. Namun, letusan 2010 ini dianggap sebagai penyimpangan dari letusan "tipe Merapi" karena bersifat eksplosif disertai suara ledakan dan gemuruh yang terdengar hingga jarak 20-30 km.

Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan target pembangunan dari perpanjangan runway Bandara Distrik Sinak, Papua s

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024