Ganjar-Yasin Menang Telak di TPS Lapas Semarang

Ganjar Pranowo (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Pasangan calon nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin menang telak di tiga tempat pemungutan suara (TPS) Lembaga Pemasyarakatan Klas 1A Kedungpane, Kota Semarang. Mereka unggul mutlak dari rivalnya Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Hasil perhitungan akhir di tiga TPS dalam Lapas Kedungpane, paslon nomor 1 yang diusung PDIP, Nasdem, Demokrat dan PPP itu meraih 252 suara. Sementara Sudirman-Ida yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS dan PKB hanya meraih 65 suara.

Humas Lapas Kedungpane sekaligus anggota panitia pemungutan suara, Fajar Shodiq menyebutkan, dari total 721 napi hanya 324 narapidana yang menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jawa Tengah.  "153 tidak mencoblos. Ada tujuh suara yang tidak sah," kata Fajar, Rabu, 27 Juni 2018. 

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

Ia merinci, di TPS 8 Lapas Kedungpane, pasangan Ganjar-Yasin mendapatkan 110 suara sedangkan Sudirman-Ida memperoleh 18 suara. Sedangkan di TPS 9, Ganjar meraih 48 suara melawan Sudirman-Ida yang hanya mendapatkan 7 suara. Sementara di TPS 10, Ganjar-Yasin mendapat 94 suara, Sudirman-Ida mendapat 40 suara.

Terkait adanya ratusan napi yang tidak mencoblos, Fajar menjelaskan, jika mereka memiliki alasan masing-masing. Salah satunya karena napi tersebut telah bebas atau dipindahkan.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Lebih lanjut, Fajar menyebut ada tujuh narapidana teorisme yang menghuni Lapas Kedungpane. Namun hanya satu napiter yang menggunakan hak pilihnya hari ini. 

Napi tersebut bernama Barkah Nawasaputra, yang tak lain napiter yang dihukum 10 tahun asal Solo. Sementara empat napiter tercatat bukan warga Jateng serta dua napiter tidak mendapatkan hak pilih. 

Raffi Ahmad

Raffi Ahmad Diduga Maju ke Pilkada Jateng, Netizen: Mending Jangan Deh Aa

Raffi Ahmad menghebohkan netizen dengan dugaan akan maju ke Pilkada Jawa Tengah bersama Dico Ganinduto. Hal ini bermula dari unggahan yang dibagikan di Instagram pribadi.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024