Golkar Serius Jajaki Peluang Bentuk Poros Keempat dengan PAN

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia
Sumber :
  • VIVA/Ilham

VIVA Politik –  Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia buka suara soal munculnya isu poros keempat dalam Pemilu 2024 mendatang antara Golkar-PAN. Dia menyebut situasi politik ke depan masih terbilang cair dan dinamis.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Menurut Doli, kehadiran poros keempat tentu bisa membuka peluang mencapreskan Airlangga lebih besar. Partai Golkar sendiri saat ini masih terbuka melakukan komunikasi dengan partai politik manapun.

"Dengan posisi kami pemenang pemilu kedua tahun 2019, itu memang sangat dimungkinkan. Misalnya dengan urutan yang ke bawah, sama Gerindra cukup, sama NasDem, PKB cukup, Demokrat cukup, PKS juga cukup, dengan PAN juga cukup, apalagi dengan PDIP ke atas makin cukup lagi," ujar Doli kepada wartawan di DPP Golkar, Minggu, 28 Mei 2023.

Yusril, Otto hingga Hotman Paris Temui Prabowo Subianto, Lapor Hasil Sengketa Pilpres 2024

Doli mengakui bahwa Partai Golkar membuka peluang dalam penjajakan dengan PAN untuk membahas duet Airlangga-Zulhas. Dia juga menyebut Golkar dan PAN dalam waktu dekat akan bertemu.

"Ya ini sekarang yang sedang kita jajakin berbagai kemungkinan termasuk soal itu. Kan hari ini Pak Airlangga dan Pak Zul sedang di Amerika dan memang pulang dari sana akan ada pertemuan lagi antara pimpinan Golkar dan PAN," ucap Doli.

Malam-malam, Gibran Bawa Koper ke Rumah Prabowo di Kertanegara

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Photo :
  • Dok. Istimewa

Sebagai informasi, Di tengah perbincangan hangat mengenai paket capres-cawapres serta koalisi parpol jelang Pilpres 2024, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melakukan pertemuan di Amerika Serikat usai pertemuan tingkat menteri APEC. Momen pertemuan kedua tokoh tersebut tampak santai dan akrab.

Seiring mendekati pendaftaran Capres-Cawapres yang ditetapkan KPU, wacana duet antara kedua tokoh tersebut kemudian muncul. Menanggapi peluang duet dengan Zulkifli Hasan, Airlangga mengatakan Golkar dan PAN jika berkoalisi sudah mendapat satu tiket untuk pencapresan.

“Kami memang sejak lama bersama-sama kuat dan yang paling penting punya tiket. Kami sejak awal di KIB. Komunikasi sangat baik dan guyub.” Kata Airlangga yang dikutip Jumat, 26 Mei 2023.

Ditanya soal kemungkinan berpasangan dengan Zulhas pada Pilpres 2024 mendatang, Airlangga melempar senyuman. 

“Saya dan Pak Zul punya hubungan yang sangat baik. Kami sering komunikasi, bertukar pikiran, mencari solusi terbaik untuk berbagai persoalan bangsa ini. Di kabinet, saat ini kami sama-sama di bidang ekonomi.” Ujar Menko Perekonomian itu.

Senada dengan itu, Mendag Zulhas menuturkan kecocokannya selama ini bekerjasama dengan Menko Ekonomi Airlangga. “Hubungan kami berdua sangat panjang dan dekat. Chemistry-nya selalu positif dan saling menguatkan dalam kerja, baik politik maupun pemerintahan.” Katanya.

Duet Airlangga-Zulhas mencuat di tengah sulitnya utak-atik pasangan capres-cawapres dari nama-nama kuat yang saat ini tengah beredar. Wacana duet itu disambut positif baik oleh Golkar maupun PAN. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya