Disambut Hasto, Ketua Umum PAN Datangi Kantor PDIP Bahas Capres dengan Megawati

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PANZulkifli Hasan mendatangi kantor pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023. Zulkifli alias Zulhas bakal membahas seputar calon presiden untuk pemilu 2024.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Pantauan VIVA di lokasi pukul 14. 30 WIB, Zulhas tiba bersama rombongan elite PAN. Dia ditemani sejumlah petinggi PAN, di antaranya Wakil Ketua Umum Viva Yoga Mauladi, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Bendahara Umum Totok Daryanto, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, dan Eko Patrio.

Tampak hadir juga beberapa pejabat teras PDIP, misalnya Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Ketua Bidang Kehormatan Komarudin Watubun, Ketua Djarot Syaiful Hidayat, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, Ketua Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adiyanto.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi keterangan kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin, 29 Mei 2023.

Photo :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

Hasto tampak langsung sigap menyambut Zulhas yang turun dari mobil dengan menyodorkan tangan untuk bersalaman. "Selamat datang," ujarnya.

Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

Zulhas akan sowan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membahas penjajakan kerja sama politik dan sosok bakal calon presiden (capres) di 2024. Zulhas tak menampik pertemuan itu akan membahas peluang kerja sama antara PAN dengan PDIP untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

"Secara resmi, ini pertama kali kami (PAN) silaturahmi bertemu Bu Megawati (PDI Perjuangan) untuk melakukan pembicaraan penjajakan kerja sama koalisi Pilpres 2024," kata Zulhas.

Dia menyampaikan, pertemuan ini merupakan silaturahmi lanjutan dengan para petinggi PDIP.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Photo :
  • istimewa

Menurut dia, selama ini dia memang sudah sering melakukan pertemuan dengan para petinggi PDIP. Ia bilang demikian karena pertemuan dengan elite PDIP dilakukan intens sejak dirinya didapuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Perdagangan RI selama setahun terakhir.

"Kan, saya diberi amanat Presiden Jokowi menjadi Mendag sejak 15 Juni tahun lalu. Tentu sesama partai koalisi kami sering bertemu. Hubungan kami erat dan panjang sejak awal reformasi," kata Zulhas.

PDIP sudah mendeklarasikan kadernya Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. PPP mengikuti langkah PDIP sudah mendukung Ganjar. Selain itu, ada parpol non parlemen seperti Hanura dan PSI yang juga deklarasikan Ganjar jadi bakal capres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya