Jokowi dan Megawati Bakal Hadiri Rakernas PDIP, Ini Agenda Pentingnya

Presiden Jokowi dan Megawati Sukarnoputri di acara HUT PDIP ke-50.
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan fokus dalam program menekan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia. Salah satu caranya ialah dengan memerintahkan kepala daerah kader PDIP menyusun anggaran yang berpihak pada rakyat miskin.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan partainya memerintahkan agar kepala daerah betul-betul menyusun anggaran yang berpihak pada budgeting dan menciptakan lapangan kerja. Dia bilang persoalan itu akan dibahas dalam rapat kerja nasional (Rakernas) ketiga PDIP pada 6-8 Juni 2023.

"Budgeting itu harus berpihak kepada rakyat miskin. Anggaran juga harus mampu menciptakan lapangan kerja. Anggaran juga harus pro-empowerment, berpihak untuk memberdayakan rakyat di wilayah masing-masing," kata Djarot kepada wartawan, dikutip Selasa, 6 Juni 2023.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Presiden

Photo :
  • 1461160

Djarot menyampaikan, PDIP berkomitmen agar seluruh kepala daerah dari PDIP bekerja keras supaya tidak ada kemiskinan ekstrem di wilayahnya. "Apa hanya kemiskinan ekstrem saja? Tidak," ujarnya.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Dia menyebut seluruh kepala daerah dari PDIP ini berjalan secara berkesinambungan hingga 2034 untuk berusaha betul tidak ada kemiskinan di Indonesia. Menurut dia, PDIP menargetkan untuk menekan kemiskinan ekstrem dari 1,5 persen saat ini menjadi 0 persen dalam 10 tahun ke depan.

"Oleh karena itu bahwa akan ada testimoni serta sharing beberapa kepala daerah yang konsisten untuk melaksanakan perintah partai, mulai dari Wali Kota Surabaha, Solo, Semarang, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Tidore," katanya.

Diketahui, PDIP akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) III selama tiga hari, mulai dari 6 hingga 8 Juni 2023. Rakernas tersebut digelar di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Tema Rakernas III PDIP kali ini yakni 'Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara oleh Negara'.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan dalam agenda Rakernas III PDIP ini akan dihadiri oleh seluruh jajaran DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD PDIP Se-Indonesia, pimpinan kelompok Fraksi poksi dari komisi I sampai Komisi IX Fraksi PDIP.

Dijadwalkan Presiden Jokowi dan Bakal Calon Presiden dari PDIP Ganjar Pranowo juga akan hadir langsung dalam pembukaan Rakernas III itu.

Kemudian, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan langsung pidato politiknya di hadapan seluruh kader PDIP.

"Pembukaan Rakernas akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi. Di dalam pidato politik, Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga sambutan dan arahan dari Presiden Jokowi dengan mohon maaf nanti akan disampaikan secara tertutup," kata Hasto saat konferensi pers di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin, 5 Juni 2023.

Hasto menyampaikan pidato dari Megawati dan sambutan serta arahan Presiden Jokowi digelar tertutup karena berisi soal strategi partai berlambang banteng moncong putih itu dalam menghadapi Pemilu 2024. Dalam Rakernas III PDIP itu akan menyusun juga soal visi misi calon presiden Ganjar Pranowo.

"Mengingat Rakernas ini momentum yang sangat penting di dalam mempersiapkan seluruh strategi pemenangan Pemilu untuk 2024, berapa target yang realistis untuk menopang dari kepemimpinan nasional yang akan datang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya