PKB Ungkap Alasan KKIR Belum Deklarasi Capres-Cawapres 2024

Ketua Umum PKB Cak Imin dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Jombang.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta -- Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digagas Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum juga mendeklarasikan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Padahal, keduanya sudah cukup lama mengumumkan untuk berkoalisi, bahkan telah meresmikan sekretariat bersama. 

PKB Siapkan Kiai Marzuki Jadi Penantang di Jatim, Hary Tanoe: Gak Mudah Kalahkan Khofifah

Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkapkan alasannya. Kedua partai tersebut ternyata menunggu PDIP lebih dulu untuk mengumumkan bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kanan).

Photo :
  • Istimewa
Sistem Politik Harus Dievaluasi karena Minimnya Caleg Muda Terpilih, Menurut Ketua MPR


"Ya kami saling menunggu. Kami menunggu PDIP dengan siapa, baru kami menyusul," kata Cak Imin dikutip Selasa, 13 Juni 2023.

CakImin mengklaim, saat ini pihaknya menunggu proses kristalisasi dengan partai politik lain dengan menunggu perkembangan partai lain. Namun, menurut dia, sejauh ini partainya dan Gerindra masih solid. Dia menambahkan, komunikasi politik bersama Gerindra tetap terjalin.

"Pijakan saya tetap bersama koalisi Gerindra. PKB-Gerindra berkomunikasi dengan partai lain. Soal pengumuman cawapres yang akan diusung, kami menunggu waktu yang tepat," ujarnya.

PKB Belum Putuskan Dukung Putra Wapres Ma’ruf Amin dalam Pilkada Banten
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di kantor DPP Demokrat.

Sekjen Gerindra Muzani: Sudaryono Harapan Internal Partai sebagai Cagub Jateng

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani menegaskan Sudaryono adalah harapan internal Partai Gerindra untuk bisa didorong menjadi calon Gubernur Jawa Tengah

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024