Masuk Radar Cawapres Ganjar, Golkar: Ridwan Kamil Komitmen Dukung Airlangga Hartarto

Lodewijk Paulus
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Partai Golkar menegaskan Ridwan Kamil tetap berkomitmen untuk mendukung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Gerindra Buka Peluang Usung Bobby Nasution Maju Pilgub Sumut

Hal itu ditegaskan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk F Paulus menanggapi masuknya nama Ridwan Kamil dalam radar calon wakil presiden (cawapres) bakal capres PDIP Ganjar Pranowo.

"Ya sementara kita pegang itu, Pak Ridwan Kamil komit mendukung Pak Airlangga," kata Lodewijk kepada wartawan seperti dikutip, Jumat, 30 Juni 2023.

Prabowo Gaungkan Program Makan Siang Gratis, Gerindra: Mudah-mudahan Warteg Bisa Kecipratan

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Senin, 13 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA

Lodewijk pun tak ingin berandai-andai bagaimana jika Ridwan Kamil menerima tawaran menjadi cawapres Ganjar. Sebab, sampai saat ini nama Ridwan Kamil baru masuk radar saja. "Jangan berkira-kira, jangan berandai-andai, baru kelihatan di radar jadi kita tunggu nanti kira-kira bulan Agustus baru jelas," ujarnya.

Sekjen Gerindra Ungkap Potensi Pertemuan Prabowo dan Megawati

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani membeberkan beberapa nama tokoh nasional yang masuk ke dalam radar calon wakil presiden (cawapres) untuk maju mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Puan menyebutkan, banyak nama seperti, Menkopolhukam, Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menparekraf, Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya kan? Pak AHY, Pak.. Sopo lagi Mas? Pak Airlangga, ya kan?" kata Puan Maharani saat konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Juni 2023.

Dari nama-nama cawapres tersebut, kata Puan, PDI Perjuangan akan mempertimbangkan untuk bisa bekerja sama sesuai dengan visi-misi Ganjar Pranowo. Dia juga menyebut tokoh-tokoh yang masuk ke dalam bursa cawapres itu memiliki kelebihan masing-masing. 

"Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan, kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," ucap Puan.

"Jadi nama tetap akan ditentukan nanti tapi belum hari ini. Jadi masih menimbang nama-nama yang ada," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya