PSI Gencar Dukung Anak Jokowi, Hensat: Apakah Kaesang Mau Berpromosi Ala Aldi Taher?

Billboard dukungan PSI kepada Kaesang di Depok
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Isu Putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep yang bakal maju di Pilkada 2024 terutama Depok tengah disorot. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang paling gencar mendukung Kaesang agar maju jadi calon Wali Kota Depok.

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Pengamat politik Hendri Satrio alias Hensat mengkritisi soal kesiapan Kaesang maju jadi calon Depok 1. Menurut dia, memang tak salah jika ada partai politik melihat potensi anak Presiden maju ke pilkada.
Namun, Hensat menyinggung soal patut atau tidak patut dalam dinasti politik.

"Kan, Presiden punya anak tiga, dua udah lolos. Tinggal mas Kaesang. Pertanyaan saya patut atau tidak. Terserah lah mau bilang patut boleh, tidak patut boleh. Kalau menurut saya berpihak ke tidak patut," kata Hensat dalam Dua Sisi tvOne yang dikutip VIVA pada Jumat, 30 Juni 2023.

Edy Rahmayadi hingga Huzrin Bertemu Cak Imin, PKB Diharapkan jadi Perahu Politik di Pilkada 2024

Baca Juga: PSI Umumkan Vote Rembuk Rakyat Cagub DKI: Gibran Teratas Disusul Heru Budi

Dia menyampaikan dari survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), 58,8 persen responden masyarakat tidak setuju dinasti politik. Kata dia, survei KedaiKOPI itu baru per Juni 2023.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

"Ini yang Juni 2023, ini yang paling baru nih. Secara general (dinasti politik)," tuturnya.

Hendri Satrio, Rilis Hasil Survei KedaiKOPI Terkait Capres 2024

Photo :

Pun, dia menyoroti ada perdebatan Kaesang maju setelah Jokowi tak lagi menjabat RI-1. Sebab, Kaesang maju November 2024, sementara masa jabatan Jokowi berakhir sebulan sebelumnya atau pada Oktober 2024.

"Kan tadi ada perdebatan nanti kan di 2024 November, Pak Jokowi kan tidak lagi menjabat sebagai Presiden. Itu bagus kalau ada proses kemudian," lanjut Hensat.

"Tapi, menurut saya jangan sampai masyarakat beranggapan bahwa atau bercanda nih pak Jokowi, maaf ya. Untung saja anak Pak Jokowi cuma tiga," tuturnya seraya tertawa.

Namun, ia tak menampik memang tak ada larangan Kaesang untuk maju.

"Nah, Kaesang apakah boleh, apakah bisa. Bisa. Tapi, sekali lagi pertanyaannya patut atau tidak," kata Hensat.

Menurut dia dengan guyon, jika ditanya soal Kesang ke PSI ya pasti dijawab patut dan boleh. "Ya ini patut untuk PSI, makin populer dibicarakan," ujarnya.

Dia menilai putra dan menantu Presiden Jokowi punya kualitas yang bagus didorong jadi kepala daerah. Tapi, dia masih mempertanyakan promosi ala Kaesang nanti jika benar maju di Pilkada 2024.

"Apakah nanti mas Kaesang mau berpromosi ala Aldi Taher?” tutur Hensat dengan nada bercanda.

“Kalau menurut saya sih yang tadi dengan Mba Ariane (pengamat komunikasi) itu promosi ala Aldi Taher. Gak usah pilih saya, gak usah pilih saya, tapi ngarep. Supaya diomongin," lanjut Hensat.

Ketua DPP PSI Cheryl Tanzil sempat mempertanyakan maksud promosi ala Aldi Tarher versi Hensat.

"Maksudnya seperti apa?" tanya Cheryl.

"Jangan pilih saya tapi ngarep gitu loh," jawab Hensat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya