Pengamat Nilai Arah Dukungan Jokowi ke Ganjar Pranowo Sangat Clear

Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo Salat Idul Fitri di Masjid Sheikh Zayed Solo
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menilai secara psikologis arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah benar-benar mencerminkan ke arah Ganjar Pranowo. 

Ikuti Jejak Gibran, Putri Aria Bima PDIP Daftar Maju Pilkada Solo

"Arah dukungan Pak Jokowi itu sangat clear kepada Pak Ganjar, yang kedua secara ideologis, figur Bu Megawati apalagi Pak Jokowi, Pak Ganjar ini kan tidak bisa ditafsirkan lagi bahwa dia ideologinya sangat clear mengikuti jejak langkah Bung Karno," ujar Ujang dalam acara Talk Politics With Reinhard Sirait dikutip, Jumat, 30 Juni 2023.

"Ditambah dengan pidato Pak Jokowi bahwa ya ini tidak perlu diinterpretasikan lebih lanjut lagi, tidak perlu diperlebar lagi, artinya bahwa memang arah dukungan Pak Jokowi adalah ke Pak Ganjar," ujarnya menambahkan.

Sekjen Gerindra Ungkap Potensi Pertemuan Prabowo dan Megawati

Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • instagram @ganjar_pranowo

Ujang juga menilai pidato Jokowi soal memenangkan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 mendatang di acara Bulan Bung Karno membuktikan Jokowi merupakan sosok leadership yang juga memiliki gerbong yang panjang. Termasuk, bisa menentukan arah relawannya.

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

"Dia punya relawan, dan jangan lupa bahwa beliau adalah kader partai, tapi jiwanya darahnya ibaratnya kalau dibelah pasti dia merah," ujar Ujang.

Jangan lupa, kata Ujang, menurut Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat, dari mulai wali kota, gubernur hingga presiden, Jokowi selalu disokong oleh PDIP. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan pada kader PDIP Ganjar Pranowo yang diusung untuk menjadi calon presiden (capres) pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Untuk 2024 di sini hadir calon presiden dari Ganjar Pranowo. Saya ulangi, tadi telah kita dengarkan calon presiden dari PDIP Perjuangan Bapak Ganjar Pranowo,” kata Jokowi dalam sambutannya di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya