PKN Mulai Gelar Rangkaian Munaslub Untuk Sahkan Anas Urbaningrum Jadi Ketum

Mantan Ketum Demokrat Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

Jakarta – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mulai menggelar rangkaian Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) untuk mengesahkan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum PKN periode 2023-2028. Munaslub akan dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, mulai hari ini, Jumat, 14 Juli hingga Minggu, 16 Juli 2023.

Cak Imin Dinilai Lawan Tangguh Khofifah Indar Pararwansa Bila Maju di Pilkada Jatim

"Seluruh kader partai yang memiliki hak suara secara aklamasi akan memilih Dr Anas Urbaningrum, M.Si sebagai ketua umum terpilih menggantikan Gede Pasek Suardika. Kemudian Gede Pasek Suardika akan menduduki jabatan sebagai Ketua Majelis Agung Partai Kebangkitan Nusantara," kata Sekjen PKN, Sri Mulyono.

Mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum berbicara kepada wartawan usai acara Halalbihalal dan Silaturahmi Nasional III Jaringan Indonesia (Jari) di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu malam, 21 Mei 2023.

Photo :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya
Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

Sri Mulyono menjelaskan, Munaslub PKN merupakan bagian penguatan konsolidasi partai di mana Gede Pasek Suardika akan mengalihkan secara sukarela jabatannya kepada Anas Urbaningrum yang telah berstatus bebas murni. Menurut dia, proses yang ada saya ini adalah perjuangan panjang dua sahabat, Pasek dan Anas dalam melawan kriminalisasi dan upaya mematikan secara politik talenta Anas selama ini oleh kekuasaan lama saat itu.

"Aspirasi ini juga menjadi aspirasi kolektif di internal PKN sebagai bagian dari strategi etape ketiga Pemilu 2024 yang dicanangkan PKN sebelumnya," kata Sri Mulyono.

Prabowo Tegaskan Bung Karno Milik Rakyat, Bukan Milik Satu Partai

Diketahui, PKN telah melewati tiga etape atau tahapan sejak didirikan. Etape pertama, lolos mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan HAM. Etape kedua, lolos di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilu 2024. Etape ketiga, lolos masuk parlemen nasional dan daerah.

Lebih lanjut, Sri Mulyono mengatakan Anas dan Gede Pasek merupakan dwi tunggal pengelola partai ini. Keberadaan Anas dan Pasek, klaim dia, menunjukan bentuk politik persahabatan dan kebersamaan yang terkandung dalam slogan Mitreka Satata atau Bersatu dalam persahabatan.

Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Nasional (PKN) I Gede Pasek Suardika

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Slogan Mitreka Satata merupakan sebuah konsep perjuangan partai yang berbeda dengan parpol yang ada selama ini. Slogan ini dikatakan menjadi kekuatan untuk mempercepat akselerasi perkembangan partai menuju puncak performa 14 Februari 2024 mendatang.

"Munaslub PKN juga mengedepankan persahabatan dan persaudaraan bukan perebutan kekuasaan. Munaslub PKN diselenggarakan dengan sederhana namun penuh makna. Sandarannya adalah gotong royong dan musyawarah mufakat yang merupakan ciri khas Nusantara," kata Sri Mulyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya