Tinjau Pasar Bululawang, Presiden Jokowi: Inflasi Terkendali, Pasokan Banyak

Presiden Jokowi bersama dengan Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, 24 Juli 2023. Presiden Jokowi antara lain mengecek harga-harga komoditas di pasar tersebut.

Jokowi dan Ma'ruf Amin Tak Diundang ke Rakernas V PDIP

"Pagi hari ini saya ingin cek juga harga-harga seperti di pasar-pasar yang lain di Kabupaten Malang. Saya melihat harga-harga di sini sangat bagus, sangat bagus," ujarnya kepada awak media selepas peninjauan.

Berdasarkan pantauannya, Presiden Jokowi menyebut bahwa harga sejumlah komoditas di Pasar Bululawang berada pada posisi yang baik karena inflasi yang terkendali dan pasokan barang yang banyak. Misalnya daging ayam yang berada pada kisaran Rp34 ribu per kilogram dan bawang merah yang berada pada kisaran Rp26 ribu per kilogram.

Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Ditunda, Menag: Bentuk Keberpihakan Pemerintah

"Murah sekali di sini. Ini saya kira baik karena memang sebagian besar produksinya di Kabupaten Malang. Untuk inflasi artinya di sini terkendali, pasokan banyak," jelasnya.

Isu Prabowo Siapkan Kabinet Gemuk 40 Menteri, Airlangga: Belum Pernah Dibahas

Selain meninjau harga komoditas, dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi juga menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang. Presiden Jokowi juga membagikan paket sembako bagi pedagang.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Malang M. Sanusi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan keikutsertaan Prabowo Subianto dan Erick Thohir tidak ada hubungannya dengan politik maupun terkait peluang kedua tokoh itu berduet dalam Pilpres 2024. "Nggak ada hubungannya dengan yang ditanyakan," kata Jokowi.

Kepala Negara mengajak Prabowo dan Erick karena memiliki kaitan dengan pabrik PT Pindad di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kunjungan kerja tersebut antara lain untuk membahas besarnya potensi ekspor perusahaan yang bergerak di bidang alat utama sistem persenjataan (alutsista) itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya