Dukungan Mengalir dari Pendukung Jokowi, Pakar: Perkuat Potensi Prabowo Menang di 2024

Pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Bakal calon presiden atau bacares Prabowo Subianto dinilai dapat dukungan yang melimpah dari barisan penduking Jokowi seperti relawan. Dukungan itu dinilai berimbas positif terkait kans Prabowo di 2024.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Pakar politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menganalisa dengan melimpahnya dukungan ibarat jadi sebuah booster menguatnya tingkat elektabilitas Prabowo. Ia bilang Menteri Pertahanan RI itu punya peluang menang yang makin menguat di 2024.

Dia mengatakan demikian karena dukungan pendukung Jokowi juga datang dari para relawan Presiden Jokowi.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

“Dengan banyaknya dukungan-dukungan relawan-relawan Jokowi kepada Prabowo itu hal yang positif. Bagi Pak Prabowo untuk bisa memperkuat potensi agar bisa menang di pertarungan Pilpres 2024 nanti,” kata Ujang, dikutip pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Ujang menilai para relawan jadi bagian penting untuk menunjang kemenangan capres di 2024. Apalagi dukungan relawan ini dipersepsikan datang dari tokoh sentral yang juga King Maker yaitu Presiden Jokowi.

“Ketika relawan-relawan Jokowi bergabung mendukung Pak Prabowo artinya Pak Prabowo punya potensi kuat untuk bisa memenangkan pertarungan,” jelas Ujang.

Adapun belum lama ini, Prabowo terus dapatkan dukungan dari sejumlah macam elemen masyarakat termasuk relawan Jokowi. Salah satu momen itu saat Prabowo meresmikan Rumah Pemenangan Relawan di Menteng, Jakarta Pusat.

Ketika itu, Prabowo mengaku secara terbuka menerima dukungan yang diberikan terhadapnya jelang Pilpres 2024.

Bagi dia, dukungan tersebut sebagai amanah dan mesti diterimanya menjadi suatu panggilan. Dia menyebut dukungan itu suatu kepercayaan yang sangat besar dan sangat berat.

“Tetapi saya berkeyakinan dengan dukungan dari banyak pihak, yang terdiri dari putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang semuanya punya keinginan dan kehendak yang ikhlas untuk membangun Indonesia yang adil, makmur,” tutur Prabowo.

Melimpahnya dukungan dari pendukung Jokowi diduga berimbas posituf terhadap kenaikan elektabilitas Prabowo jelang Pilpres 2024. Berdasarkan data survei yang dikeluarkan Voxpol Center Research & Consulting periode 24 Juli – 2 Agustus 2023, dalam simulasi tiga nama bacapres, Prabowo unggul dua bacapres lain yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Di dalam survei tersebut, Prabowo berhasil meraih 36,5 persen. Lalu, Ganjar mengikuti dengan 30,4 persen dan Anies yang mengantongi dukungan 26,4 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya