Demokrat Gregetan Anies Tak Kunjung Umumkan Bakal Cawapresnya

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani meminta bakal calon presiden, Anies Baswedan segera mengumumkan bakal calon wakil presiden yang mendampinginya pada Pemilu Presiden 2024. Menurut dia, tidak ada alasan lagi buat Anies Baswedan menunda-nunda deklarasi bakal calon wakil presidennya.

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

“Terkait Cawapres, sepenuhnya diserahkan kepada Mas Anies. Kriterianya sudah jelas, tak elok jika kemudian terbangun narasi yang terkesan mendikte,” kata Kamhar melalui keterangannya pada Senin, 21 Agustus 2023.

Tentu saja, kata Kamhar, Partai Demokrat bagian dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) perlu mengingatkan bahwa waktu pelaksanaan deklarasi paket komplit dan sudah tertera dalam Piagam kerja sama tiga partai politik, yakni Partai Demokrat, Partai NasDem dan PKS.

Khofifah Sudah Jalin Komunikasi, PDIP Akan Ikut Mendukungnya di Pilgub Jatim?

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Photo :
  • Instagram @kamharlakumani

“Dalam piagam kerja sama tiga partai poin keempat, bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama KPP akan menyelenggarakan deklarasi dan mengumumkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024-2029,” ujarnya.

Khofifah Nyaman dengan Emil Dardak, Harap 4 Parpol Kompak Dukung di Pilgub Jatim

Sedangkan, Kamhar menyebut Koalisi Perubahan untuk Persatuan ini sudah terlalu lama menjalin kerja sama politik. Akan tetapi, belum ada progres untuk Anies Baswedan mengumumkan siapa kandidat bakal calon wakil presiden yang mendampinginya pada Pemilu 2024 mendatang. Padahal, kata dia, tidak ada alasan lagi bagi Anies untuk menunda deklarasi bakal calon wakil presidennya.

“Saat ini kita telah melewati separuh jalan penandatangan deklarasi menuju Pilpres, artinya sudah kelamaan. Lagipula tak ada argumentasi logis secara politik untuk menunda-nunda. Koalisi lain mungkin menunggu Putusan MK terkait batas umur minum Cawapres, kita tidak demikian,” ungkapnya.

Menurut dia, satu-satunya kemewahan yang masih dimiliki saat ini adalah waktu. Maka, momentum itu diciptakan (by design) bukan terberi (given). Makanya, ia menilai deklarasi paket komplit bisa menjadi momentum politik yang baik bagi Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

“Kami melihat deklarasi paket komplit ini mesti disegerakan mengingat kita tak memiliki kemewahan berupa dukungan elektabilitas yang jauh menungguli kompetitor. Kita juga tak memiliki kemewahan sebagai penguasa atau didukung penguasa," ujar Kamhar

"Masih ada waktu yang tersedia untuk mengejar ketertinggalan dan membalik keadaan. Ini yang mesti dicermati secara seksama, salah menghitung waktu, sesal kemudian. Kita semua tak ingin itu terjadi,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya