Jokowi Minta Ganjar Langsung Kerja Habis Dilantik, PDIP: Itu Kode Keras

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, pesan Presiden Jokowi yang meminta bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo langsung kerja setelah dilantik merupakan sinyal kode keras untuk mempersatukan Indonesia dengan kedaulatan pangan.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

"Sehingga ini juga menunjukkan signal yang sangat kuat, ini hard code dari presiden Jokowi terhadap pak Ganjar Pranowo, jadi pangan mempersatukan, pangan membangun komitmen pemenangan pemilu legislatif dan presiden secara bersama-sama," kata Hasto kepada wartawan di JiExpo, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPD PDIP DIY

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi
Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Hasto juga menyebut bahwa pidato Jokowi dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang digelar hari ini merupakan era kepemimpinan yang satu nafas dari Bung Karno hingga Megawati Soekarnoputri.

"Membangun kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat maka tadi nampak bagaimana antara bung Karno, ibu Megawati Soekarnoputri, presiden Jokowi dan Pak Ganjar Pranowo merupakan satu napas kepemipinan," ucap Hasto.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Dan tentu saja apa yang disampaikan presiden Jokowi tadi merupakan arahan yang harus kami jalankan, juga bagi bapak ganjar pranowo untuk langsung menata secara ideologis dan teknokratis, sehingga visi teknis yang disampaikan oleh Pak Jokowi itu akan dijabarkan dengan baik," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, setuju dengan apa yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, serta sangat setuju dengan capres Ganjar Pranowo, soal visi kedaulatan pangan Indonesia. Itu dikatakan Presiden Jokowi, dalam pidato Rakernas IV PDIP.

Ganjar Pranowo, Jokowi dan Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Istimewa

"Tadi saya bisik-bisik ke beliau (Ganjar Pranowo) habis dilantik (sebagai Presiden RI) nanti masuknya langsung kedaulatan pangan, nggak usah lama-lama," kata Presiden Jokowi, dalam Rakernas ke-IV PDIP, Jumat 29 September 2023.

Kata Jokowi, masalah pangan adalah masalah nyata yang dihadapi saat ini. Kondisi di dalam negeri seperti kekeringan dan super elnino, membuat panen tidak berhasil dan juga gagal tanam. Sementara situasi dunia, geopolitik global, masih terkait perang Rusia dan Ukraina yang berdampak pada kondisi pangan terutama gandum.

"Begitu dilantik besok langsung masuk ke kerja kedaulatan pangan sehingga swa sembada pangan ketahanan pangan betul-betul kita miliki," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya