Hasto Yakin Gibran Tetap Setia dengan Megawati dan Bakal Dukung Ganjar di 2024

Rakernas PDI-P
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menjelaskan momen saat putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka berdiri di belakang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat memasuki arena Rakernas IV partai di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Lantas, apakah itu sinyal kesetiaan Gibran ke Megawati?

DKPP Kembali Beri Sanksi Ketua KPU, Kali Ini soal Kebocoran Data Pemilih

"Tadi saat dorong-dorong Bu Mega, beliau lebih memilih di situ. Tadi saya bicara Mas Gibran gimana kabarnya, nanti seluruh semangat dengan pameran ini. Saya sampaikan Mas Gibran dan kemudian juga mau saya kirim baju-baju dari Redmi untuk Mas Gibran. Mas Gibran (jawab) o iya terima kasih," ujar Hasto kepada wartawan di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Hasto yakin Gibran bakal tetap setia dengan PDIP dan Megawati. Dia optimis putra sulung Jokowi itu setia karena komitmennya sebagai kader PDIP.

Anwar Usman Masih Bisa Tangani Sengketa Pileg Walau Dilaporkan Dugaan Pelanggaran Etik

"Namanya kayak gitu, setia ini kan muncul dari nurani muncul dari komitmen, muncul dari kesadaran. Enggak ada setia dengan ancaman. Apalagi setia dengan gebrak-gebrak meja itu enggak ada. Setia itu dengan kesadaran," jelas Hasto.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • istimewa
Prabowo-Gibran Bahas Kerja Sama hingga Kondisi di Gaza saat Temui Emir dan PM Qatar

Pun, dia juga memastikan Gibran akan tetap mendukung Ganjar Pranowo di 2024. Apalagi, Ganjar dan Gibran sama-sama memiliki latar belakang yang jelas. 

"Ya tentu saja kami meyakini itu semuanya. Karena Pak Ganjar ini sosok pemimpin yang baik. Track record jelas. Keluarga jelas. Tidak punya beban masa lalu," ujar Hasto.

Hasto juga menangkap pesan dari Jokowi saat sampaikan pidato di Rakernas PDIP. Kata dia, Jokowi ingin Ganjar mesti menyiapkan konsep sehingga usai terpilih tinggal bergerak.

"Bahkan kemudian yang disampaikan Presiden tadi, Pak Ganjar justru harus mempercepat. Pak Ganjar justru harus menyiapkan konsepnya. Sehingga setelah terpilih langsung bergerak. Itu maknanya dalam banget," lanjut Hasto.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • Istimewa

Hasto menambahkan apa yang disampaikan Jokowi ke Ganjar merupakan pesan yang bakal dikerjakan jika terpilih menjadi presiden di 2024. Ia menyebut pesan Jokowi itu punya makna yang dalam untuk Ganjar.

"Apa yang disampaikan Pak Jokowi kepada Pak Ganjar dalam pidato yang disaksikan seluruh kader partai di seluruh Indonesia, bahwa begitu memang harus bergerak cepat. Itu maknanya dalam,” ujarnya.

“Artinya kedaulatan pangan yang disampaikan sebagai komitmen PDIP dan Pak Ganjar itu diamini oleh Pak Jokowi untuk bergerak dengan cepat," tuturnya.

Dalam dinamikanya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dispekulasikan masuk bursa cawapres pendamping Prabowo Subianto. Hal itu menguat karena beberapa judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia minimal capres dan cawapres. Peluang Gibran itu pun mesti menunggu putusan MK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya