Megawati: Saya Haqqul Yakin Kalau Kita Kerja Keras, Ganjar Bisa jadi Presiden ke-8

Bacapres Ganjar Pranowo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Ketua umum Prtai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yakin Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden RI setelah Joko Widodo. Megawati menuturkan jika kader PDIP kerja keras maka Ganjar bisa jadi Presiden RI ke-8.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Demikian disampaikan Megawati dalam pidato politiknya saat penutupan rapat kerja nasional (Rakernas) IV PDIP di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 1 Oktober 2023.

"Saya yakin, haqqul yakin, ainul yakin, insya Allah kalau kita kerja keras, Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden ke-8," kata Megawati yang disambut tepuk tangan riuh kader PDIP.

Maju Wali Kota Solo, Politisi Muda PDIP Terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

Megawati Soekarnoputri, Penutupan Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun, ia menuturkan Ganjar bisa menduduki kursi RI-1 bila seluruh kader PDIP mau kongkow dan peduli dengan rakyat Indonesia. Sebab, menurutnya dengan cara itu, harapan Ganjar bisa menang dalam Pilpres 2024 .

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

Megawati mengaku tak pernah suka melihat sejumlah hasil survei. Namun, ia akhirnya mengaku pagi tadi rela melihat hasil survei bacapres yang diusungnya tersebut.

Dia pun mengakui senang melihat elektabilitas Ganjar saat ini mengalami tren kenaikan yang positif.

"Kan ibu bilang ibu gak suka lihat-lihat survei, tapi iseng aja tadi pagi. Waah Pak Ganjar itu udah naik tung,tung,tung (arah tangan ke atas). Ya, tapi terus kalian gak kerja ya tung,tung tung tung (arah tangan ke bawah) hayoo? Piyee? Aih gawat," ujar Megawati.

Meski begitu, dia yakin kerja politik yang dilakukan beberapa hari ini bisa menyatukan chemistry dan semangat juang kader PDIP untuk sama-sama dalam pergerakan turun ke bawah.

"Dengan segala bekal itu, segeralah kembali ke rumah masing-masing. Langsung itu apa ya, instruksi ibu, oh begini-begini, yang tidak boleh saya lakukan, oh nanti dapat sanksi, oh ini-ini," tutur Megawati.

Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Megawati menyinggung pentingnya bonding atau ikatan sesama anggota dan kader partai. 

Bonding dengan pimpinan partai, bonding dengan rakyat terus kerja politik selama berhari-hari ini saya yakin semakin menyatukan chemistry juang kita," lanjut Presiden ke-5 RI tersebut.

Sebagai informasi, Lembaga survei indikator merilis hasil survei nasional bertajuk "swing voters, efek sosialisasi dan tren elektoral jelang pilpres 2024" pada Sabtu, 30 September 2023.

Dalam temuan survei Indikator, Ganjar Pranowo unggul atas dua bakal calon presiden (bacapres) lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berdasarkan simulasi tiga nama.

"Nah ini untuk tiga nama, jadi tiga nama Anies 21,5 persen; Ganjar 37 persen; Prabowo Subianto 33 persen," ujar Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, dalam paparannya secara virtual.

Survei terbaru Indikator Politik Indonesia dilakukan dalam periode 25 Agustus - 3 September 2023. Dalam survei itu dilaporkan jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 1.200 orang yang berasal dari seluruh provinsi. 

Untuk penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Kemudian, survei memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya