Anies Baswedan Blak-blakan Sebut Israel Menindas Palestina, Tak Pernah Ada Penegakan Hukum

Bakal calon presiden Anies Baswedan bertemu dengan para gus atau kiai-kiai muda Nahdlatul Ulama alias Gawagis se-Jawa Timur di Kota Malang, Minggu malam, 8 Oktober 2023.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Malang – Bakal calon presiden Anies Baswedan menilai konflik antara kelompok militan Palestina Hamas dengan Israel dikarenakan ketidakadilan yang diterima oleh warga Palestina. Selama pendudukan Israel, banyak warga sipil Palestina yang meninggal dunia namun tidak mendapatkan keadilan

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Selama puluhan tahun, katanya, rakyat Palestina ditindas oleh Israel, tanahnya direbut dan yang menjadi korban tidak pernah mendapatkan keadilan hukum. 

"Dalam catatan kami, di dua tahun terakhir ini, hampir 600 orang Palestina terbunuh dan tidak ada penegakan hukum bagi pelakunya. Kemudian ada aktivitas penindasan terus menerus, apartheid, perluasan pemukiman ilegal, pembunuhan dilakukan oleh militer maupun pemukim ilegal di kawasan pendudukan kepada rakyat Palestina," kata Anies saat di Malang, Jawa Timur, pada Minggu malam, 8 Oktober 2023.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Arsip - Dalam foto yang diambil pada 11 Mei 2021 ini, terlihat asap hitam mengepul ke langit akibat ledakan yang disebabkan serentetan serangan israel di Kota Younis di Jalur Gaza bagian selatan.

Photo :
  • ANTARA/Yasser Qudih

"Bahkan sehari sebelum peristiwa 7 Oktober, ada seorang pemuda Palestina terbunuh ramai-ramai oleh pemukim ilegal. Jadi, kami melihat apa yang terjadi, ketegangan itu adalah muara dari ketidakadilan," ujarnya, menambahkan.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Sesuai amanat Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, dia mengingatkan, kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Untuk itu, bangsa Palestina berhak mendapatkan kemerdekaannya.

"Saat ini mereka hidup dalam pendudukan, mereka hidup dalam penindasan, ada politik apartheid yang dilakukan oleh Israel kepada bangsa Palestina. Akar masalah adalah pada ketidakadilan; selama ketidakadilan ada maka konflik tidak akan pernah bisa selesai. Dan terjadinya peningkatan eskalasi kekerasan yang muncul adalah muara dari ketidakadilan itu," katanya. 

"Saya perlu garis bawahi: kedamaian tidak ditandai dengan adanya konflik; kedamaian ditandai dengan hadirnya rasa keadilan.”

Konflik Israel-Palestina

Photo :
  • (Foto AP/Fatima Shbair, File)

Anies pun mengapresiasi pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri yang mengambil langkah-langkah untuk mendorong penurunan eskalasi atau konflik ketegangan. Juga meminta mewujudkan proses perundingan baru bagi Palestina dan Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya