Jokowi Beri Izin Prabowo Cuti Daftar Capres 2024

Menhan Prabowo bersama Presiden Jokowi
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhan

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon Presiden RI 2024 dan cuti karena ingin mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Rahmat Mirzani Djausal, Cagub Pilihan Prabowo Subianto untuk Wakili Lampung

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Prabowo telah mengirimkan dua surat kepada Presiden Jokowi melalui Kementerian Sekretariat Negara. Menurut dia, surat pertama Surat pertama adalah surat permohonan persetujuan dari Presiden Jokowi untuk dicalonkan oleh partai politik dan gabungan partai politik sebagai calon presiden.

Surat kedua, kata dia, Prabowo mengajukan permohonan izin cuti untuk pendaftaran sebagai calon presiden ke KPU. Namun, waktu pendaftarannya belum ditentukan.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

“Surat kedua adalah surat permohonan izin cuti untuk pendaftaran Capres, tapi waktunya akan disusulkan,” kata Ari saat dikonfirmasi pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi mengecek bantuan untuk Turki dan Suriah.

Photo :
  • Istimewa
Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Dengan demikian, Ari menyebut Presiden Jokowi telah mengizinkan dua surat permohonan dari Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Terhadap dua permohonan dari Menhan terkait persetujuan dari Presiden dicalonkan sebagai capres dan izin cuti untuk mendaftar di KPU, Presiden melalui surat Mensesneg tertanggal 20 Oktober 2023 telah menyetujuinya,” jelas dia.

Hanya saja, kata Ari, permohonan izin cuti tidak disebutkan oleh Prabowo dalam suratnya. Namun, Ari menyampaikan permohonan cuti sudah diizinkan juga oleh Presiden Jokowi.

“Untuk izin cuti memang tidak secara spesifik disebutkan tanggalnya. Namun prinsipnya, izin cuti telah disetujui dan khusus disebutkan, izin cuti yang diberikan adalah untuk mendaftarkan diri ke KPU, seperti yang disebutkan dalam surat permohonannya," ungkapnya.

Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Jokowi

Photo :
  • Istimewa

Diketahui, Anies Baswedan dengan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah resmi mendaftarkan diri sebagai kandidat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU RI pada Kamis, 19 Oktober 2023. 

Dalam pendaftaran, pasangan Anies dan Cak Imin didampingi oleh partai pengusungnya dalam Koalisi Perubahan yakni Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh; Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu; serta sejumlah pengurus partai pendukung lainnya.

Sementara, Ganjar Pranowo juga mendaftarkan diri bersama Mahfud MD sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU didampingi partai koalisinya. Diantaranya Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri; Ketua Umum PPP, Mardiono; Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang; Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo dan pengurus lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya