Gerindra Tak Undang Partai Lain pada Rapimnas Hari Ini

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di kantor DPP Demokrat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta – Partai Gerindra bakal menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada hari ini, Senin 23 Oktober 2023. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan Rapimnas bakal berlangsung internal dan membahas soal kemenangan Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya di Pemilu 2024.

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

"Rapat pimpinan nasional yang merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di bawah kongres. Forum akan menjadi sebuah cara Gerindra membulatkan tekad semangat menyatukan semangat untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran," ujar Muzani di Rumah Kertanegara Jakarta, dikutip Senin, 23 Oktober 2023.

Muzani kembali menegaskan tidak ada undangan kepada para ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan pihak lain. Seperti Presiden Jokowi atau pun putranya, Gibran Rakabuming yang sudah diumumkan sebagai pendamping Prabowo di Pilpres 2024. "Rapimnas itu forum internal," jelasnya.

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Ketum Gerindra sekaligus bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hal senada juga dikatakan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco. Ia mengatakan agenda Rapimnas bakal berjalan sejak pagi hari dan akan selesai menjelang siang hari. Kemudian, acara tersebut akan dilangsungkan di Jakarta.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"Rapimnas akan diselenggarakan dari jam 10.00 WIB sampai jam 13.00 WIB di JI EXPO Kemayoran," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi dideklarasikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Deklarasi langsung diumumkan Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Photo :
  • DPR RI

Deklarasi itu disampaikan Prabowo usai rapat dengan sejumlah Ketua Umum KIM, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, hingga Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. 

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabumingraka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023. 

Prabowo mengatakan, untuk berikutnya dirinya bersama Gibran akan mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu, dan ini yang disampaikan ke masyarakat umum, tanggal 25 akan daftar di KPU," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya