Jadi Cawapres Prabowo, Fahri Hamzah Tegaskan Gibran Tidak Keluar dari PDIP

Fahri Hamzah, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia
Sumber :
  • Partai Gelora

JakartaWakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah mengatakan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka statusnya masih sebagai kader atau anggota PDI Perjuangan. Meskipun Gibran telah daftar menjadi calon Wakil Presiden ke KPU RI mendampingi Prabowo Subianto, namun Gibran tetap menjadi kader PDIP sampai saat ini.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

“Mas Gibran clear, tidak keluar dari partai (PDI Perjuangan),” kata Fahri di Gedung DPR pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Waketum Partai Gelora, Fahri Hamzah

Photo :
  • Partai Gelora
Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Memang, kata dia, sejauh ini tidak ada ketentuan bahwa calon presiden dan calon wakil presiden itu harus terikat oleh partai politik. “Itu sebabnya kenapa banyak orang yang enggak punya partai kaya Mas Anies Baswedan kan jadi calon. Jadi, tidak ada masalah sebenarnya,” ujar mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Selain itu, Fahri mengatakan Jusuf Kalla (JK) juga dulu menjadi peserta konvensi Partai Golkar tapi dikalahkan Wiranto. Kemudian, kata dia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Jusuf Kalla sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden saat itu bisa mengalahkan Wiranto.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

“Enggak lama setelah itu menjadi Ketua Umum Golkar, karena dia tetap dalam status keanggotaannya sebagai kader Golkar,” jelas dia.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dipanggil PDIP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Makanya, Fahri mengatakan jika tradisi itu dikembangkan di PDI Perjuangan sepertinya bisa saja. Artinya, kata dia, PDI Perjuangan sebenarnya mungkin karena partainya besar dan kadernya memang bisa menyebar dimana-mana.

“Kalau itu mau dianggap satu kelaziman di dalam kontestasi pilpres,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya