Ganjar Pranowo Dinilai Mampu Teruskan Perjuangan Bung Karno di Level Internasional

Bakal capres Ganjar Pranowo dan Bakal Cawapres Mahfud MD
Sumber :
  • Tangkapan layar youtube

Jakarta - Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, menilai Ganjar Pranowo memiliki keberanian untuk mengambil keputusan dalam kebijakan luar negeri yang menolak penjajahan dengan tujuan untuk memelihara dan mewujudkan perdamaian dunia.

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

Selain itu, kata dia, kebijakan anti penjajahan yang mungkin diambil oleh Ganjar ini didukung oleh kepemimpinan pluralis yang dimilikinya. 

"Ganjar Pranowo memiliki kepemimpinan pluralis sehingga menjadi modal sosial dan politik baginya untuk mengambil kebijakan luar negeri kita yang menolak segala bentuk penjajahan di muka bumi," kata Emrus dalam keterangannya, Selasa, 31 Oktober 2023.

Hakim Anwar Usman Ikut Tangani 97 Sengketa Pileg 2024

Maka itu, lanjut Emrus, sikap Ganjar itu sesuai dengan prinsip-prinsip konstitusi negara yang menekankan pentingnya menjaga perdamaian dunia secara berkelanjutan.

"Indonesia sangat jelas posisinya sesuai dengan konstitusi yaitu menjaga perdamaian dunia dan berperan menghapus segala bentuk penjajahan di muka bumi," katanya.

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Emrus menyebut, Indonesia selalu berada dalam posisi yang sesuai dengan konstitusi. Yaitu berkomitmen untuk menjaga perdamaian dunia dan berperan dalam menghilangkan penjajahan di seluruh dunia.

Maka itu, Ganjar Pranowo juga dinilai dapat meneruskan perjuangan Presiden RI ke-1, yaitu Soekarno untuk merumuskan kebijakan luar negeri Indonesia dalam konteks hubungan Internasional, dengan tujuan untuk memelihara dan mewujudkan perdamaian dunia.

"Mulai dari Presiden pertama Indonesia, Bung Karno, hingga Presiden Jokowi, dan menurut pandangannya, kandidat capres 2024 yang memiliki tekad dan keberanian untuk merumuskan kebijakan luar negeri Indonesia dalam konteks hubungan Internasional, dengan tujuan untuk memelihara dan mewujudkan perdamaian dunia, adalah Ganjar Pranowo," katanya.

Ganjar Pranowo, kata Emrus, dengan kepemimpinan yang pluralis, memiliki fondasi sosial dan dukungan politik yang kuat untuk merancang kebijakan luar negeri yang menentang segala bentuk penjajahan di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya