Pose Pasangan Anies-Muhaimin di Surat Suara Mirip Saat Pilgub DKI, Ini Kata Jubir Timnas

Juru Bicara Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi mengeluarkan desain surat suara ketiga capres-cawapres di Pilpres 2024 nanti. Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak IMin (AMIN) buka suara.

Sistem Politik Harus Dievaluasi karena Minimnya Caleg Muda Terpilih, Menurut Ketua MPR

Terkhusus untuk pasangan AMIN disebut bahwa pose di surat suara itu mirip dengan ketika Anies Baswedan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Saat Pilgub DKI 2017, Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno.

"Mas Anies ini kan sangat mengerti dengan sejarah. Beliau melihat sekali bagaimana sejarahnya Bung Karno mengenalkan salam merdeka," ujar Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional AMIN Usamah Abdul Aziz di Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat pada Kamis, 30 November 2023.

Disebut Tak Lolos DPR, PPP Sayangkan MK Tak Pertimbangkan Alat Bukti

Usamah Abdul menjelaskan bahwa Anies Baswedan memang sengaja telah mempelajari salam tersebut. Sebab, salam itu penuh dengan nilai-nilai sejarah dan AMIN ingin mengangkat hal itu di kontestasi politik 2024.

Pasangan capres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Dok. PKS
KPU Sebut Upaya PPP Masuk Parlemen Sudah Pupus

"Nah itu memang salam merdeka melambangkan semangat dari pasangan AMIN ini bisa memenangkan pilpres ini. Itu sih, jadi kami mau mengangkat kembali sejarah dan memperkenalkan lagi dengan cara seperti itu," kata dia.

Diketahui, pasangan AMIN tampak mengenakan jas hitam dengan dilengkapi kemeja putih dan kopyah hitam. 

Tampak pula di masing-masing bagian kiri jas hitam pasangan Anies-Cak Imin tertulis 'AMIN'. Pun, keduanya tampak mengangkat tangan kanannya layaknya tengah memberikan hormat.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik KPU RI, Yulianto Sudrajat meresmikan desain surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Berdasarkan foto yang dilihat VIVA, dalam specimen surat suara Pilpres 2024 itu tampak tiga pasangan calon (paslon) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Pasangan Anies-Cak Imin kompak mengenakan pakaian berwarna putih serta jas dan peci hitam. Tak lupa keduanya mengenakan pin bertuliskan AMIN (Anies-Cak Imin) di jas sebelah kiri.

Di bawah foto pasangan AMIN, terdapat lambang partai politik yang mengusung yakni partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara untuk pasangan Prabowo dan Gibran kompak mengenakan kemeja berwarna biru muda. Di bawah foto keduanya, terdapat tujuh logo parpol yang mengusung, antara lain, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garuda.

Selanjutnya, paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kompak mengenakan pakaian berwarna hitam putih. Ganjar dengan kemeja hitamnya dan Mahfud mengenakan kemeja berwarna putih dan peci hitam. Di bawahnya juga terdapat 4 logo parpol yang mengusung yakni PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura dan Perindo.

Yulianto mengatakan desain surat suara itu telah disetujui semua pihak dan dalam proses untuk dicetak. “(Surat suara itu) sudah disetujui, berikutnya masuk proses di percetakan,” kata Yulianto saat dikonfirmasi, Rabu, 29 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya