Anies-Cak Imin Tawarkan Bansos Plus, Apa Bedanya Dengan Bansos Era Jokowi?

Debat Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menawarkan program Bansos Plus. Program ini ditengarai lebih unggul dibandingkan dengan bansos seperti yang selama ini dilakukan oleh pemerintah.

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional atau Timnas Amin, Surya Tjandra, menjelaskan Bansos Plus itu juga memiliki arti nilai plus dan manfaatnya. Adapun manfaat yang didapatkan penerima akan ditambah.

"Juga plus penerimanya, yakni data penerima diperbaiki. Lalu, plus layanannya yaitu negara memberikan pelayanan terbaik kepada semua penerima Bansos Plus," ujar Surya saat dihubungi wartawan, Selasa, 19 Desember 2023.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

Surya kembali menjelaskan soal manfaat dan target yang disasar. Pertama, kata dia, penerima bansos eksisting berupa bantuan langsung tunai (BLT) untuk kelompok lanjut usia (lansia). Anies-Cak Imin menawarkan nilai lebih tinggi dari bansos serupa yang diberikan pemerintah saat ini.

"Saat ini, Rp 200 ribu per bulan, tawaran Amin Rp 300 ribu per bulan," kata mantan Wakil Menteri ATR tersebut.

DPR Kembali Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Puan dan Cak Imin Absen

Selain itu, ada BLT tambahan untuk kelompok disabilitas. Bantuan tersebut, kata dia, bernilai saat ini Rp 200 ribu per bulan. Maka dari itu, pasangan nomor urut 1 di Pilpres 2024 itu bakal memberikan Rp 300 ribu per bulan.

"Data pendukungnya, dari 20,26 juta penyandang disabilitas yang tidak memiliki pekerjaan, hanya 134 ribu jiwa yang mendapatkan bantuan sosial," ucap Surya.

Kemudian, kata Surya, Anies-Cak Imin bakal menambah penerima manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Plus. Anies-Cak Imin akan memperluas penerimanya jadi 1,9 juta orang dari semula 900 ribu orang.

"Data pendukungnya, hanya 6 dari 100 anak dari keluarga miskin yang mampu mengakses pendidikan sampai perguruan tinggi, sumber Statistik Pemuda Indonesia, 2022," ujarnya.

Selanjutnya, tawaran untuk penerima KIP Plus. Saat ini siswa diakhir jenjang seperti kelas 6 SD, 3 SMP, 3 SMA hanya dapat setengah dari besaran bantuan seharusnya.

Tawaran Amin, yakni siswa di akhir jenjang dapat tambahan bantuan Rp 500 ribu untuk menutup kebutuhan biaya tambahan ketika naik jenjang sekolah. 

"Data pendukungnya, rata-rata lama sekolah anak pada kelompok ekonomi rendah 7 tahun, sedangkan ekonomi tinggi 11 tahun, sumber Badan Pusat Statistik (BPS, 2022)," katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan turut melakukan kampanye di sebuah pemukiman kumuh kawasan Pekanbaru, Riau. Dalam kampanye tersebut Anies turut memperkenalkan program Bansos Plus.

"Jadi program Bansos Plus yang ada sekarang ini akan kita tingkatkan. Plus apa? Plus manfaatnya, plus penerimanya dan plus pelayanannya," ujar Anies kepada wartawan, Rabu 13 Desember 2023.

Adapun program Bansos Plus yang dijanjikan oleh Anies Baswedan itu akan memberikan sebuah pelayanan melebihi bansos yang tengah berjalan di pemerintahan saat ini. Selain itu, Anies menjamin setiap warga yang membutuhkan akan mendapatkan Bansos Plus.

"Maka mereka bisa menerima, karena masih banyak kita menemukan keluhan, warga yang seharusnya menerima (bansos) tapi belum," ucap Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya