Prabowo Mau Bicara Berdua Ganjar Bahas Pertahanan, Mahfud MD: Itu Rembukan Bukan Debat

Menkopolhukam yang juga Cawapres 03 Mahfud MD di kantornya, Rabu (3/1)
Sumber :
  • VIVA/Ilham

Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD buka suara soal keinginan calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto yang mengajak Ganjar Pranowo diskusi berdua membahas data pertahanan.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Diketahui, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyebut indeks pertahanan di Indonesia turun. Tak hanya Ganjar, capres nomor urut 1, Anies Baswedan juga menyoroti tatanan pertahanan di Indonesia dalam debat capres ketiga yang digelar KPU RI di Istora Senayan, Minggu, 7 Januari 2024.

Mahfud menilai diskusi berdua antara Prabowo dengan Ganjar maupun Anies tak boleh dilakukan, lantaran tidak semua yang ditanyakan itu bersifat rahasia.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

"Debat itu ya datanya dibuka di debat itu, bukan ngajak ngomong berdua. Dan tidak semua yang ditanyakan tuh rahasia," kata Mahfud MD kepada wartawan di Indramayu, Jawa Barat, Senin, 8 Januari 2024.

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Di sisi lain, Mahfud juga menilai dalam debat memang harus buka-bukaan soal data. Hal tersebut, lanjut dia, sebagai bentuk tanggungjawab ke masyarakat.

Kemudian, kata dia, jika lawan debatnya sudah berbicara mengenai data, seharusnya Prabowo juga blak-blakan menjelaskan soal data itu. 

"Kalau anggaran itu dibuka ke publik karena itu tanggungjawab ke publik, bukan ngajak ngomong berdua bicara data, yang satu sudah bicara data ini datanya, lalu dia nanti kita ngomong berdua. Ya enggak boleh dong, ini debat, harus ke publik jelaskan juga itu, salahnya data disini, saya punya gitu, kalau ngajak ngomong berdua, namanya itu rembukan, bukan debat," jelasnya.

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bertanya kepada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto soal indeks pertahanan Indonesia yang turun.

Menurut Prabowo, data yang dipaparkan Ganjar keliru. "Pak Ganjar tadi juga banyak kelirunya, saya sangat transparan," kata Prabowo Subianto saat debat capres ketiga di Istora Senayan, Minggu, 7 Januari 2024.

Namun, Ganjar menegaskan bahwa Prabowo seharusnya bisa menjawab pertanyaan mengapa indeks pertahanan di Indonesia turun. Ganjar pun mempersilakan jika seseorang membantu menjawab.

"Sebenarnya apa yang bapak jawab? Sungguh-sungguh saya meragukan itu. Anda mau bilang angkanya, akan saya tunjukkan," kata Ganjar.

Prabowo pun menjawab, dirinya tak bisa menjelaskan secara detail karena keterbatasan waktu saat debat. Namun, dia mengajak Ganjar jika ingin melakukan diskusi soal pertahanan, dan bakal membeberkan seluruh datanya.

"Ya jadi begini, yang bapak ungkapkan itu, saya bisa bantah, waktunya tidak cukup. Saya siap berjumpa dengan bapak, satu per satu, saya akan buktikan. Saya tidak dikasih waktu. Anda jadi tidak fair, Anda minta kasih penjelasan, begitu rumit. Jadi waktu saya terbatas," katanya. 

"Jadi mari kita diskusi dengan baik sebagai negarawan, jangan mencari-cari hal yang keliru," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya