PSI Tanggapi Santai dan Anggap Bukan Masalah Kritik Akademisi untuk Jokowi

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (kanan) didampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni (kiri) disambut kader dan simpasitan pada acara Kopi Darat. (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Nur Imansyah

Denpasar - Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menanggapi dengan santai kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan oleh akademisi dari beberapa perguruan tinggi.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

“Kritik terhadap Pak Jokowi, ‘kan, dari dulu ya. Dihina setiap hari, ‘kan, jadi enggak ada masalah. Itu sebagai masukan,” kata Raja ketika ditemui usai acara kampanye akbar PSI Mawar Melawan di Gelora Ngurah Rai Denpasar, Bali, Senin.

Menurutnya, semua orang memiliki hak untuk memberikan kritikan dan menyampaikan masukan.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Jokowi temui Nasabah PNM Mekaar

Photo :
  • PNM

“Semua orang memiliki hak untuk mengkritisi, memberikan masukan, bahkan memfitnah juga diterima setiap hari oleh Pak Jokowi,” ujarnya.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Siapa pun yang memberikan masukan, lanjutnya, akan diterima dengan terbuka untuk perubahan yang lebih baik.

“Siapa pun yang memberikan kritik harus kita terima dengan baik untuk menjadikan, mematangkan demokrasi kita,” ucap Raja.

Beberapa akademisi dari sejumlah universitas seperti alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), sivitas akademika Universitas Islam Indonesia (UII), dan beberapa kampus lain menyampaikan petisi berupa kritik terhadap pemerintahan Jokowi. Mereka menyinggung soal etika hingga kenegarawanan dalam petisinya.

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, beberapa petinggi politik juga mengkritik pemerintahan dan berharap penyelenggaraan pemilu tetap jujur, adil, dan rahasia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya