Naik 300 Persen, PSI Klaim Kantongi 42 Kursi DPRD Kabupaten/Kota di Papua

Ilustrasi kader Partai Solidaritas indonesia (PSI)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sampai saat ini berhasil mengantongi 42 kursi DPRD di empat Kabupaten Papua di Pemilu 2024. Jumlah ini meningkat 300 persen dibanding 2019 lalu.

Dua Pelaku Penganiayaan Berat terhadap Bripda Oktavianus Masih Buron

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Papua, Karmin Lasuliha mengatakan, peningkatan suara ini karena ada sejumlah faktor.

"PSI Papua saat ini hasil hitungan C1 dan KPPS itu kita sudah di 42 kursi. Kursi ini menyebar di seluruh provinsi Papua Raya," kata Karmin dalam keterangan yang diterima Rabu, 28 Februari 2024.

Mardiono Apresiasi Moncernya Perolehan Kursi PPP di DPRD Jabar: Naik 100 Persen

(Ilustrasi) Partai Solidaritas Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Namun, jumlah tersebut masih bisa terus meningkat karena proses perhitungan suara masih berlangsung. Jumlah perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten berhasil naik 300 persen.

Kembali Berulah, KKB Bakar Bangunan Sekolah Dasar di Intan Jaya Papua

"2019 kami DPW PSI Papua itu hanya memperoleh 14 kursi DPRD tingkat kabupaten kota peningkatan signifikan," ujar Karmin.

Peningkatan suara ini, Karmin menambahkan, karena PSI dianggap menjadi partai yang toleran. Kemudian, PSI juga menjadi representasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

" Semenjak Kaesang Pangarep menjadi Ketum PSI, ini menjadi bukti PSI sebagai partai representasi Jokowi," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih berpeluang meraih kursi parlemen, meskipun hasil hitung sementara perolehan suaranya masih berada di angka 2,6 persen.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA

Vivin mengatakan survei terakhir menjelang pencoblosan 14 Februari 2024 menunjukkan elektabilitas PSI melebihi 4 persen dan mengingatkan bahwa survei dan quick count tersebut memiliki margin of error.

"Artinya, meskipun PSI saat ini berada di bawah ambang batas 4 persen, masih ada kemungkinan hasil real count KPU bisa mendekati atau melewatinya," kata Vivin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, 27 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya