Jokowi Ingin Tahun Depan Pemerintahan Sudah Pindah ke IKN, Penggantian Lahan Dipercepat

Pembangunan IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Pemerintah bakal mempercepat penggantian tanah masyarakat yang terdampak pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Hal itu dilakukan karena ditargetkan ibu kota RI akan pindah pada 2024 mendatang.

OIKN Fasilitasi Ritual Adat Dayak dan Paser, Minta Restu Pembangunan IKN

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, Pemerintah dalam hal ini akan menyelesaikan pembangunan kawasan inti.

"Karena Bapak Presiden ingin tahun depan sudah berpindah Pemerintahan itu. Itulah dengan teman-teman PUPR, kita membantu terutama menyediakan (penggantian) tanah masyarakat yang terdampak di sana," kata Wahyu di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis, 13 Juli 2023.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Bendungan hingga Infrastruktur Listrik Ditargetkan Rampung Sebelum Agustus 2024

Bendungan Sepaku di IKN.

Photo :
  • ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa.
Hyundai Siap Sediakan Mobil Listrik untuk Pejabat Tinggi Indonesia

Wahyu menuturkan, untuk proyek yang dibangun di IKN seperti bendungan Sepaku Semoi ditargetkan rampung sebelum Agustus 2024.

"Karena bagaimanapun juga, kalau kantor sudah beroperasi di sana kan butuh air, itu paling penting. Listrik juga, itu semua teman-teman PUPR sudah menyiapkan," jelasnya.

Wahyu melanjutkan, berdasarkan informasi yang diperolehnya hingga saat ini sebanyak 200 investor sudah berinvestasi di IKN.

"Setau saya ada 200 lebih, bulan apa itu 140-an, sekarang 200-an. update atau status mungkin masing-masing OIKN yang melakukan pemantauan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya