Dibayangi Serangan Siber, Respons Cepat Sektor Industri Jadi Sorotan

Ilustrasi serangan hacker atau siber.
Sumber :
  • Science News

Makassar – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan kegiatan Workshop Penanganan Insiden Siber Sektor Industri. Kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan sektor industri dalam menghadapi tantangan digital.

Catat! Mulai Juni 2025 Nomor SIM Bakal Diganti NIK

Eddy Wahyudi selaku sebagai ketua Media Telekomunikasi Mandiri (MTM) Computer Security Incident Response Team (CSIRT) atau tim tanggap insiden siber, menjelaskan pengalamannya dalam membangun dan mengelola tim tanggap insiden siber khususnya di sektor industri.

“MTM-CSIRT bertanggung jawab untuk mendeteksi, menganalisis, dan menanggapi insiden siber dengan cepat dan tepat. MTM juga berbagi tips dan praktik keamanan siber dalam membangun dan mengelola organisasi yang efektif,” ujar Eddy dikutip dari keterangannya, Kamis, 16 Mei 2024.

Kelompok Hak Asasi Manusia Selidik 3 Kejahatan Perang Israel

ilustrasi teknik industri

Photo :
  • freepik/aleksandarlittlewolf

Dia pun mengingatkan pentingnya memiliki kesadaran data pribadi dan ancaman serangan siber yang semakin masif. Hal itu menjadi salah satu faktor penting untuk mengamankan operasional sektor industri.

Hamas Tembakan Roket ke Ibu Kota Israel, Sirine Dibunyikan

Salah satu bagian yang menarik dari workshop ini adalah demo live security domain yang dilakukan oleh MTM. Dalam demo tersebut, MTM melalui snc.id menunjukkan bagaimana memantau dan mengamankan jaringan domain dari berbagai ancaman siber.

“MTM melalui snc.id menunjukkan bagaimana memantau dan mengamankan jaringan domain dari berbagai ancaman siber. Demo ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana snc.id bekerja dalam praktiknya,” tambahnya.

Workshop yang diselenggarakan BSSN ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para peserta tentang pentingnya keamanan siber dan mendorong para peserta untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk melindungi organisasi dari ancaman siber.

Ilustrasi teknologi di industri properti.

Photo :
  • @VestaBuyToLet

Dalam kesempatan tersebut para peserta disajikan materi tentang Lanskap Keamanan Siber Sektor Industri, Manajemen Insiden Keamanan Siber, Operasional Pengelolaan Kerentanan Sistem Elektronik, Penilaian Tingkat Maturitas Penanganan Insiden (TMPI) dan Asistensi Penilaian Profil Risiko Keamanan Siber Sektor Industri.

“PT Media Telekomunikasi Mandiri (MTM) sebagai penyedia solusi layanan ICT yang telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun, berkomitmen menerapkan sistem manajemen keamanan informasi dalam memberikan layanan Managed Service Connectivity & Security kepada pelanggan,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya