Timnas U-23 Jatuh Bangun Gebuk Brunei, Ini Dalih Indra Sjafri

Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri (kedua kanan) dan asisten pelatih Yunan Helmi (kanan) mengawasi latihan para pemain, di lapangan Vietnam Footbal Federation (WFF), My Dinh, Hanoi, Vietnam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan saat bentrok dengan Brunei di lanjutan ajang kualifikasi Piala Asia U-23, Selasa 26 Maret 2019. Garuda Muda menang dengan skor tipis 2-1. 

Wow, Ramadhan Sananta dan Dimas Drajad Sejajar dengan Lionel Messi

Hasil ini tentu di luar dugaan mengingat kualitas Garuda Muda bisa dibilang jauh lebih baik. Apalagi, di laga sebelumnya Brunei menjadi bulan-bulanan Vietnam dan Thailand. 

Ya, Brunei di laga perdana takluk dengan skor 0-6 dari Vietnam dan 0-8 dari Thailand. Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri kemudian memberikan komentar terkait hal tersebut. Menurutnya beberapa faktor menjadi alasan salah satunya ketidaksabaran dalam penyelesaian akhir. 

Rangking FIFA Timnas Indonesia Diprediksi Naik Usai 2 Kali Bantai Brunei

"Pertandingan ini laga ketiga, memang sudah tidak menentukan, dan kami tim pelatih memutuskan mencoba pemain yang belum turun, karena kami perlu evaluasi semua pemain. Tadi banyak pergantian dan rotasi, perlu bagi kami juga memastikan pemain tersebut pantas di tim saya," kata Indra Sjafri kepada wartawan. 

"Seperti biasa, Brunei bermain deep defending, mundur sampai sepertiga lapangan akhir mereka, kita  membongkar itu kurang sabar, bahkan banyak hal-hal yg sudah kami beri tahu, kalau orang main deep defending kita main harus melebar, sirkulasi bola cepat, dan banyak melepas tendangan dari luar kotak penalti. Nyatanya tadi ada satu tendangan luar kotak penalti jadi gol," lanjut dia. 

Kata Pemain Brunei Usai Dibantai Timnas Indonesia

Kemenangan menghadapi Brunei menjadi laga terakhir Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23. Tiga poin dari tiga laga membuat Indonesia gagal melangkah ke babak selanjutnya. 

Timnas Indonesia melawan Timnas Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia Naik ke Rangking 145 FIFA, Masih Kalah dari Suriname dan Ethiopia

Timnas Indonesia naik dua peringkat ke posisi 145 dengan koleksi 1069,82 poin pada rangking FIFA terbaru yang dirilis pada Kamis 26 Oktober 2023.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2023