Kalahkan Swiss, Swedia Amankan Tiket Perempatfinal

Selebrasi gol para pemain Swedia usai bobol gawang Swiss
Sumber :
  • REUTERS

VIVA - Swedia berhasil menyingkirkan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Selasa 3 Juli 2018. Swedia mengunci kemenangan dengan skor tipis 1-0.

Dibayangi Serangan Siber, Respons Cepat Sektor Industri Jadi Sorotan

Memburu tiket ke perempatfinal, kedua kubu menurunkan skuat terbaiknya. Meski sejumlah penggawa andalan, salah satu kapten Swiss, Stephan Lichtsteiner harus absen karena akumulasi kartu.

Sejak peluit kick off ditiup wasit, baik Swedia maupun Swiss langsung menggeber serangan. Anak-anak asuh Vladimir Petkovic sempat mendominasi di awal laga dan menciptakan beberapa peluang.

Tak Hanya Hancurkan Paket Bantuan, Warga Yahudi Israel Juga Bunuh 31 Relawan Kemanusiaan

Namun secara perlahan, Swedia bisa meladeni. Mereka pun sempat membuat pertahanan Swiss ketar-ketir dengan serangan cepat yang dilancarkan dari sisi lapangan.

Peluang terbaik didapatkan Swedia di menit 28. Ola Toivonen melepaskan tembakan voli dari dalam kotak penalti. Tapi usahanya mampu digagalkan oleh aksi penyelamatan gemilang kiper Swiss, Yann Sommer.

Man Utd Lolos dari Hukuman Penalti, Pemain Newcastle: Perbaiki VAR atau Hapus Sekalian

Swiss tak mau ketinggalan. Menit 38, Blerim Dzemaili mengancam dengan sepakan keras di muka gawang. Namun upayanya masih belum membuahkan hasil. Sampai turun minum skor 0-0 tetap bertahan.

Swiss langsung tampil menekan sejak menit awal babak kedua, namun serangan bisa dipatahkan barisan belakang Swedia. Akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu pada laga ini berhasil dicetak lebih dulu oleh Swedia.

Gol pembuka tersebut dicetak oleh Emil Forsberg di menit 66, memanfaatkan umpan dari Ola Toivonen. Sepakannya dari luar kotak penalti meluncur deras ke gawang Swiss, skor kini menjadi 1-0 untuk keunggulan Swedia.

Xherdan Shaqiri membuka peluang untuk Swiss di menit 71, namun sepakannya hanya menghasilkan sepak pojok saja. Memasuki menit-menit akhir, Swiss terus menggempur pertahanan Swedia.

Petaka bagi Swiss di menit 92, Michael Lang dikartu merah usai melanggar Martin Olsson di luar kotak penalti. Hingga laga usai skor tetap 1-0 untuk kemenangan Swedia dan berhak melaju ke babak perempat final.

Susunan pemain
Swedia:
Robin Olsen, Mikael Lustig (Emil Krafth '82), Victor Lindeloef, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson, Viktor Claesson, Gustav Svensson, Albin Ekdal, Emil Forsberg (Martin Olsson '82), Marcus Berg (Isaac Kiese '90), Ola Toivonen.

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Michael Lang, Johan Djorou, Manuel Akanji, Valon Behrami, Granit Xhaka, Steven Zuber (Breel-Donald Embolo '73), Blerim Dzemaili (Haris Seferovic '73), Xherdan Shaqiri, Josip Drmic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya