Senasib dengan Persija, PSM Juga Tanpa Dua Pemain Asingnya di AFC Cup

Skuat PSM Makassar di Liga 1 2018 lalu.
Sumber :
  • Twitter/@PSM_Makassar

VIVA – Persija Jakarta dipastikan tanpa para pemain barunya, Vinicius Lopes, Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos, dan bek mudanya, Ryuji Utomo di kualifikasi Liga Champions Asia. Hal serupa juga dialami PSM Makassar di AFC Cup 2019.

Tanpa Gol di Laga Persipura Jayapura Vs PSM Makassar

Tujuh pemain baru PSM juga belum mengantongi International Transfer Certificate (ITC). Pemain baru itu yakni dua pemain asing Eero Markkanen dan Aaron Evans. Kemudian lima pemain lokal Taufik Hidayat, Bayu Gatra Sanggiawan, Munhar, Benny Wahyudi serta Herry Prasetyo.

ITC tak bisa keluar lantaran PSSI belum membuka bursa transfer kompetisi di Indonesia. Sertifikat itu sifatnya penting karena jadi bukti administrasi pemain telah berpindah klub. 

Preview Pertandingan Liga 1: Persipura vs PSM Makassar

CEO PSM, Munafri Arifuddin, sebelumnya juga telah meminta PSSI agar segera membuka bursa transfer di Indonesia. Sebab, dengan kebijakan itu, PSM dan Persija Jakarta yang main di kompetisi Asia, akan lebih mudah langkahnya untuk mendaftarkan pemain baru.

"Bayangkan bagaimana ceritanya kalau jendela transfer tak dibuka. Kami mau ikuti kompetisi Asia. Harusnya, jendela transfer sudah dibuka. Saya harap, federasi bisa meresponsnya," kata Munafri. 

Kecewanya PSIS Semarang Usai Gagal Pertahankan Kemenangan Atas PSM

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris PSM Makassar Widya Syadzwina masih belum mau berkomentar terkait status pemain baru Tim Ayam Jantan dalam AFC Cup 2019.

Diketahui, regulasi FIFA telah tegas mengatur status dan transfer pemain. Pasal 6 ayat 2, regulasi FIFA terkait status dan transfer pemain, menyebutkan bursa transfer sebenarnya sudah bisa dibuka sejak akhir musim kompetisi.

Federasi bisa menggelarnya sebanyak dua kali, jelang kompetisi musim baru dimulai dan pada pertengahan. Hanya saja, waktunya juga diatur.

Bursa transfer jelang musim baru, maksimal adalah 12 pekan atau tiga bulan. Sedangkan, bursa transfer tengah musim maksimal empat pekan.

Kasus di Indonesia, jadwal kompetisi masih belum jelas. PSSI baru mengumumkan Liga 1 dimulai pada awal Mei 2019 pada Kongres Tahunan di Bali, beberapa waktu lalu. 

Jadi, bursa transfer secara resmi baru bisa dibuka paling cepat pada Februari 2019 mendatang. Dan, PSSI menetapkan bursa transfer dimulai pada 15 Februari hingga 9 Mei 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya