7 Fakta Menarik Usai Arsenal Tumbangkan Wakil Portugal

Para pemain Arsenal
Sumber :
  • Arsenal.com

VIVA – Arsenal masih sempurna di fase grup Liga Europa musim ini. Itu setelah The Gunners mengalahkan Vitoria Guimaraes pada lanjutan Grup F di Emirates Stadium, Jumat dini hari WIB, 25 Oktober 2019.

Terpopuler: Shin Tae-yong 'Sentil' AFC, Indonesia Terhindar dari Israel

Tim asuhan Unai Emery ini sempat tertinggal lebih dulu setelah gawang Bernd Leno dibobol Martin Edwards di menit kedelapan. Mereka baru bisa menyamakan kedudukan di menit 32 berkat tandukan Gabriel Martinelli.

Namun, Tim Meriam London kembali tertinggal empat menit berselang setelah Vitoria kembali unggul lewat gol Bruno Duarte yang bertahan hingga turun minum.

Arsenal Mulai Kawal Ketat Pemainnya

Beruntung, Arsenal memiliki Nicolas Pepe. Setelah tampil kurang meyakinkan dalam beberapa laga sebelumnya, Pepe berhasil menunjukkan kualitasnya di laga ini dengan mencetak dua gol dari tendangan bebas langsung di penghujung laga dan memberikan tiga poin bagi tuan rumah.

Duel sengit hingga akhir ini tentunya memunculkan berbagai fakta menarik. Berikut fakta-fakta menarik yang sudah dihimpun dari BBC:

Arsenal Masih Belum Sempurna Meski Menang di Markas Tottenham

1. Kemenangan ini membawa Arsenal tampil sempurna di tujuh laga kandang beruntun pada kompetisi Eropa (termasuk kualifikasi) untuk pertama kalinya sejak Februari 2002.

2. Arsenal meneruskan rekor tak terkalahkan dalam enam laga kandang terakhirnya saat menjamu wakil Portugal (menang 5, imbang 1). Termasuk mencetak 20 gol dan hanya kebobolan dua gol.

3. Vitoria Guimaraes memperpanjang rekor negatif setelah gagal memenangkan delapan laga tandang terakhirnya di Liga Europa (imbang dua, kalah 6).

4. Gol Edwards di menit 8 adalah gol tercepat yang bersarang ke gawang Arsenal di kompetisi Eropa sejak gol Edinson Cavani pada detik 42 ketika bersua Paris Saint-Germain pada September 2016.

5. Edwards juga jadi pemain Inggris pertama yang menorehkan gol untuk tim non-Inggris saat berhadapan dengan tim Inggris di Eropa sejak Ben Wright yang kala itu membela Viking FK dan melawan Chelsea pada September 2002 di Piala UEFA.

6. Martinelli kembali mencuat setelah terlibat langsung dalam enam gol di tiga laga untuk Arsenal di semua kompetisi (lima gol dan satu assists).

7. Pepe adalah pemain pertama yang membobol gawang lawan dua kali lewat tendangan bebas langsung di Liga Europa sejak Luis Suarez saat masih membela Liverpool. Kala itu, The Reds menghadapi Zenit St. Petersburg pada Februari 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya