7 Fakta Luar Biasa PSG Usai Tembus Final Liga Champions

Pertandingan RB Leipzig vs Paris Saint-Germain
Sumber :
  • twitter.com/ChampionsLeague

VIVA – Sejarah berhasil diciptakan Paris Saint-Germain. Untuk kali pertama, Les Parisiens menembus final Liga Champions.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

PSG sukses menggilas RB Leipzig 3-0 dalam laga semifinal yang berlangsung di Estadio da Luz, Lisbon, Rabu dini hari WIB, 19 Agustus 2020. Tiga gol kemenangan PSG dicetak Marquinhos (13'), Angel Di Maria (42') dan Juan Bernat (56').

(Baca juga: Sejarah Baru! Paris Saint-Germain Tembus Final Liga Champions)

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Berikut 7 fakta menarik usai PSG ke final Liga Champions, dilansir Opta:

1. PSG menjadi tim kelima asal Prancis yang menembus final Liga Champions. Hanya Inggris (8), Jerman dan Italia (6) yang memiliki tim finalis lebih banyak dibandingkan Prancis.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

2. PSG butuh 110 pertandingan sebelum tampil di final Liga Champions untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini menjadi rekor terbanyak untuk menembus final pertama, mengalahkan 90 laga Arsenal pada 1971-2006.

3. Sejak debutnya di musim 2007/08, Angel Di Maria sudah menciptakan 27 assist di Liga Champions. Hanya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (masing-masing 32 assist) yang punya rekor lebih baik dibandingkan Di Maria.

4. Di Maria tak terkalahkan dalam 17 laga Liga Champions saat dia mencetak gol (menang 15, imbang 2 - total 21 gol). Hanya Mohamed Salah (18 laga), Gonzalo Higuain (21) and Patrick Kluivert (25) yang punya rekor lebih baik.

5. PSG selalu mencetak gol dalam 34 pertandingan di Liga Champions. Mereka menyamai rekor Real Madrid pada 2011 hingga 2014.

6. Neymar mencatat 24 assist di Liga Champions sejak debutnya di kompetisi ini pada September 2013. Ini empat assist lebih banyak dibandingkan pemain lain dalam periode yang sama (Cristiano Ronaldo - 7).

7. Juan Bernat mencetak 5 gol di Liga Champions sejak musim lalu, lebih banyak dibandingkan pemain lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya