Timnas Inggris Menang 10-0, Ini 9 Fakta Menarik di Baliknya

Striker Timnas Inggris, Harry Kane
Sumber :
  • twitter.com/England

VIVA – Timnas Inggris berhasil menang telak 10-0 saat melawat ke markas Timnas San Marino dalam pertandingan pamungkas Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Selasa dini hari WIB 16 November 2021. Kemenangan ini mengantarkan mereka menuju Qatar, lokasi putaran final Piala Dunia 2022 digelar.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Skuad asuhan Gareth Southgate tampil beringas di markas San Marino. Statistik mencatat, selama 90 menit, penguasaan bola tim berjuluk The Three Lions mencapai 75 persen.

Inggris juga melakukan 22 percobaan ke gawang tuan rumah. Di mana 13 kali mengarah ke sasaran, enam meleset, dan tiga kali diblok oleh pemain San Marino.

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Berikut 9 fakta menariknya, dikutip dari Opta:

1. Aaron Ramsdale mencatatkan debutnya bersama Inggris dalam pertandigan ini. Catatan ini menjadikan dia sebagai kiper ketujuh asal klub Arsenal yang bermain untuk The Three Lions. Terakhir kali ada kiper Arsenal yang bermain untuk Inggris pada 2002, yakni David Seaman.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

2. Bukan cuma Ramsdale yang mencatatkan debut pada pertandingan kali ini. Ada juga Conor Gallagher. Semenjak ditangani Southgate, total ada 50 pemain yang menjalani debut di tim senior. Manajer pertama yang melakukannya adalah Bobby Robson dengan total 64 pemain.

Timnas Inggris saat melawat ke markas San Marino

Photo :
  • twitter.com/England

3. Harry Kane mencetak empat gol dalam pertandingan ini. Artinya, kini ada tiga pemain Inggris yang berhasil mencetak empat gol lebih dalam satu pertandingan. Sebelumnya ada David Platt dan Ian Wright pada 1993. Menariknya, semua dilakukan ke gawang San Marino.

Kane juga memiliki catatan gemilang dalam urusan mencetak gol. Dia mencetak hattrick secara beruntun untuk Inggris, karena sebelumnya ketika melawan Albania juga tiga gol dicetaknya. Sebelumnya ada Vivian Woodward (1909), Dixie Dean (1927), dan Tommy Taylor (1957).

4. Dalam pertandingan melawan San Marino ini, Inggris berhasil mencetak enam gol di babak pertama. Mereka pernah melakukan hal serupa pada November 1946, ketika mengalahkan Belanda dengan skor 8-2.

5. Emile Smith Rowe turut mencetak satu gol dalam pertandingan ini. Dan fakta itu membuat Inggris memiliki 18 pencetak gol berbeda sepanjang 2021. Ini jadi yang paling banyak dimiliki The Three Lions. Tak cuma itu, ini juga debut baginya, dan cuma Paul Merson, pemain asal klub rsenal yang bisa melakukannya saat Inggris melawan Republik Ceko pada Maret 1992.

6. Sepanjang babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Inggris telah mencetak 39 gol ke gawang lawan-lawannya. Ini jadi yang tertinggi bagi mereka. Menariknya, hasil 10-0 melawan San Marino berhasil melewati catatan saat mereka menang sembilan gol tanpa balas atas Luksemburg pada Desember 1983.

7. Inggris berhasil memastikan satu tiket di putaran final Piala Dunia 202 Qatar. Itu artinya mereka sudah tujuh kali beruntun lolos ke kejuaraan dunia sepakbola, dan jadi yang terlama sepanjang sejarah.

8. Kemenangan 10-0 atas San Marino ini adalah yang terbesar bagi Inggris sepanjang sejarahnya menjalani laga tandang di ajang kompetitif.

9. Sepanjang 2021, Inggris telah memenangkan 15 pertandingan. Mereka mencetak 52 gol dan berhasil clean sheet dalam 14 pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya