Profil Ghanim Al Muftah, Difabel yang Diangkat Jadi Brand Ambassador Piala Dunia 2022

Ghanim Al Muftah
Sumber :

VIVA Bola – Pemilik nama lengkap Ghanim Al Muftah baru-baru ini tengah menjadi sorotan sejumlah masyarakat di berbagai penjuru dunia, usai penampilannya dalam pembukaan Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan pada Minggu 20 November 2022, di Al Bayt Stadium, Al Khor Qatar.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Ghanim Al Muftah yang baru saja mencuri perhatian publik, lantaran penampilannya membacakan lantunan ayat suci Alquran hingga berbincang langsung dengan aktor senior Morgan Freeman, membawakan berbagai pesan perdamaian, sontak memberikan pemandangan yang tak biasa bagi masyarakat luas. Lantas, siapa sebenarnya sosok Ghanim Al Muftah ini?

Ghanim Al Muftah dan Morgan Freeman di Opening Ceremony Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Sosok Ghanim Al Muftah

Ghanim Al Muftak merupakan sosok pria muda penuh inspiratif yang dihadirkan dalam pembukaan Piala Dunia 2022 kemarin pada Minggu 20 November 2022. Meskipun memiliki banyak keterbatasan, Ghanim nyatanya merupakan seorang difabel yang memiliki berbagai prestasi.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Ghanim Al Muftah merupakan pria kelahiran 5 Mei 2002. Sejakh lahir, Ghanim lahir dengan kondisi Caudal Regression Syndrome (CRD)  dimana ini merupakan penyakit langka dengan kondisi tubuh yang tidak utuh.

Kondisi langka yang dialami Ghanim pun membuat dirinya harus lahir dengan fisik yang tidak sempurna, yakni tanpa memiliki kaki. Kendati demikian, sosok pria yang baru berusia 20 tahun ini mampu bertahan hidup dengan baik menjadi seorang pengusaha, motivator, selebgram dan bergerak di bidang filantropi.

Tidak hanya itu, kondisi fisik yang dimiliki Ghanim bukan menjadi penghambat untuk dirinya tetap hidup dan berkarya. Terbukti, dirinya telah mendirikan berbagai karya dalam bentuk usaha dan sosial, seperti beberapa di antaranya Ice Cream Gharissa, Asosiasi Ghanim dan Yayasan Ghanim Al Muftah.

Ghanim juga ternyata memiliki segudang hobi layaknya remaja pria umumnya, mulai dari sepak bola, menyelam, renang, hingga skateboard dan gym. Segudang prestasi hingga karya yang dibesutnya, membuat namanya menjadi sosok penuh inspiratif bagi banyak orang di balik keterbatasan yang dimilikinya. 

Tak heran jika nama Ghanim Al Muftah baru-baru ini diangkat menjadi duta Brand Ambassador Piala Dunia 2022. Hal tersebut tak lepas dari sosoknya yang penuh inspiratif lantaran mampu berkarya di tengah-tengah keterbatasan yang dimilikinya.

Kendati memiliki keterbatasan, Ghanim tidak pernah menyerah terlebih dalam urusan pendidikan. Terbukti, saat ini ia juga tengah menempuh pendidikan tingi jurusan ilmu politik. Hal tersebut dilakukannya agar bisa mewujudkan cita-citanya sebagai Perdana Menteri Qatar.

Aktif Bermain di Media Sosial

Selain aktif dalam bentuk usaha dan kegiatan sosial, dirinya juga begitu aktif dalam bermain media sosial. Terbukti dari pengikut Instagramnya yang mencapai jutaan pengikut. Pada akun Instagram pribadi miliknya itu, Ghanim kerap membagikan kegiatannya sehari-hari melalui unggahan foto maupun video.

Tidak hanya aktif di Instagram, ia juga memiliki kanal Youtube dengan  821 ribu subscriber. Melalui kanal YouTubenya tersebut, ia mampu menginspirasi para subscribernya dengan kisah-kisahnya yang penuh inspiratif. 

Seorang Pengusaha Muda Qatar

Memiliki segudang prestasi hingga bakat yang dimilikinya, membuat Ghanim menjadi seorang pengusaha muda melalui usaha Gharissa Ice Cream. Di mana usaha yang dilakoninya tersebut berhasil mempekerjakan 60 karyawan dengan cabang usaha yang luas. Tak heran, jika Ghanim membuka waralaba di seluruh wilayah Teluk.

Biodata Ghanim Al Muftah

Nama Lengkap: Ghanim Al-Muftah

Nama Panggilan: Ghanim atau Al-Muftah

Tempat Lahir: Belum diketahui

Tanggal Lahir: 5 Mei 2002

Asal: Qatar

Agama: Islam

Umur: 20 tahun

Pendidikan: Jurusan Ilmu Politik

Hobi: Scuba diving, skateboard, dan panjat tebing

Akun Instagram: @g_almuftah


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya