Rudi Voeller Ditunjuk Jadi Direktur Olahraga Timnas Jerman

Mantan pemain Timnas Jerman, Rudi Voeller
Sumber :
  • AFP/INA FASSBENDER

VIVA BolaTimnas Jerman menunjuk Rudi Voeller sebagai direktur olahraga. Ini dilakukan setelah Jerman gagal dalam Piala Dunia Qatar 2022.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Tugas Voeller adalah meletakkan fondasi bagi keberhasilan Jerman dalam Euro 2024 yang akan dituanrumahi Jerman, kata DFB.

Juara dunia empat kali itu tersingkir pada fase grup Piala Dunia untuk kedua kali berturut-turut sampai direktur tim Oliver Bierhoff mundur pada Desember.

Mantan pilar Jerman itu akan mengisi posisi yang ditinggalkan Bierhoff itu pada 1 Februari. Penunjukkan dia didasarkan atas saran gugus tugas yang dibentuk Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) pada Desember yang di dalamnya juga terdapat Voeller.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Mantan pemain Timnas Jerman, Rudi Voeller

Photo :
  • AFP/INA FASSBENDER

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

"Pada diri Rudi Voeller kami telah menemukan orang yang ideal untuk 20 bulan ke depan," ujar Presiden DFB, Bernd Neuendorf dikutip dari AFP, Jumat 20 Januari 2023.

Mantan striker produktif yang kemudian menjadi pelatih itu menikmati status kultus di Jerman. Dia mencetak 47 gol dalam 90 pertandingan timnas Jerman Barat dan Jerman yang delapan di antaranya terjadi dalam Piala Dunia.

Voeller mengangkat Piala Dunia bersama Jerman pada 1990 setelah memenangkan penalti saat timnya menang 1-0 atas Argentina.

Dia kemudian melatih tim nasional sampai membawa mereka ke final Piala Dunia 2002 untuk menyerah 0-2 kepada Brazil.



Voeller juga bekerja sebagai direktur olahraga saat membantu membangun Bayer Leverkusen sebagai salah satu klub terbesar di negara itu selama dua masa jabatannya.
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Indonesia

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Momen Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menghampiri, menyalami dan memeluk satu persatu pemain Korea Selatan (Korsel) viral di media sosial Jumat, 26 April 24

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024