2 Kali Dibantai Mulu, Kok Bisa Timnas Kaledonia Baru Lolos Piala Dunia U-17?

Duel Timnas Inggris vs Kaledonia Baru di Piala Dunia U-17 2023
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Jakarta – Timnas Kaledonia Baru bisa dibilang sebagai peserta terburuk di Piala Dunia U 17 2023. Betapa tidak, dalam dua pertandingan, Timnas Kaledonia Baru selalu dibantai lawan.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Kaledonia Baru dibantai Timnas Inggris 0-10 dalam laga di Jakarta International Stadium (JIS), 11 November 2023. Tiga hari berselang, melawan Timnas Brasil, gawang mereka harus dibobol 9 kali tanpa balas. Dalam dua pertandingan, Les Cagous harus kebobolan 19 gol.

Muncul pertanyaan, mengapa tim sekelas Kaledonia Baru bisa lolos ke Piala Dunia U-17? 

FIFA Terang-terangan Puji Timnas Indonesia

Ternyata, itu karena Kaledonia Baru lolos melalui jalur Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC). Persaingan di sini tidak seketat di Asia, Eropa, Afrika maupun Amerika Selatan.

Kaledonia Baru dibantai Timnas Inggris 0-9

Photo :
  • Xinhua News
Pemprov DKI Tak Gelar Solat Idul Fitri di JIS

Hanya dua tim Oseania yang berhak merebut tiket ke Piala Dunia U-17 2023. Dua tim tersebut merupakan finalis Piala Oseania U-17 2023 yang digelar di Fiji. Berikut perjalanan Kaledonia Baru dalam merebut tiket ke Indonesia.

Kaledonia Baru terabung di Grup B bersama Selandia Baru dan Samoa Amerika. Kalah 2-3 dari Selandia Baru, mereka menang 7-0 saat bertemu Amerika Samoa.

Hanya berbekal satu kemenangan, Kaledonia Baru melenggang ke perempatfinal. Di perempatfinal Kaledonia Baru menghajar Samoa 4-0.

Kaledonia Baru memastikan tiket ke Piala Dunia U-17 usai mengalahkan Tahiti 3-2 (1-1) lewat adu penalti di semifinal. Kaledonia Baru akhirnya menjadi runner up Piala Oseania U-17 2023 setelah dikalahkan Selandia Baru 0-1 di partai final.

Piala Dunia U-17 2023 merupakan partisipasi kedua Kaledonia Baru di event junior ini. Sebelumnya, mereka tampil dalam edisi 2017 di India dan harus terhenti di fase grup. Kaledonia Baru hanya merebut satu poin dari tiga pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya