Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: 8 Laga, 34 Gol, dan 5 Kebobolan

Timnas Jepang
Sumber :
  • twitter.com/J_League_En

Jakarta – Timnas Indonesia akan bermain di Piala Asia 2023 yang dihelat di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Skuad Garuda tergabung dalam Grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Timnas Indonesia menjadi unggulan keempat dalam grup ini. Sementara Timnas Jepang adalah unggulan pertama, karena memang performa mereka beberapa tahun terakhir mumpuni.

Tim berjuluk Samurai Biru memiliki barisan pemain dengan kualitas bagus. Sebagian besar dari mereka bermain di kompetisi Eropa, dan mampu menembus skuad utama.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Timnas Jerman vs Timnas Jepang

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Tak mengherankan jika dalam delapan pertandingan terakhir mereka, kemenangan selalu berhasil diraih. Total 34 gol mereka sarangkan ke gawang lawan, dan cuma lima kali kebobolan.

Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Rentetan kemenangan Jepang ini diawali dengan laga uji coba menghadapi El Salvador pada 15 Juni 2023. Kemenangan enam gol tanpa balas mereka dapatkan.

Berselang lima hari kemudian, Jepang beruji coba melawan Peru. Skuad asuhan Hajime Moriyasu berhasil mencatatkan kemenangan dengan skor 4-1.

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu

Photo :
  • the-afc.com

Pada 10 September 2023, Jepang menggelar uji coba melawan Jerman. Kejutan terjadi, karena Samurai Biru memenangkan pertandingan dengan skor 4-1. Dua hari kemudian, giliran Turki yang dibekuk dengan skor 4-2 oleh Jepang.

Pada 13 Oktober 2023, Jepang melakukan uji coba melawan Kanada. Samurai Biru berhasil meneruskan tren positif dengan keunggulan 4-1 atas Kanada.

Empat hari berselang, giliran Tunisia yang menjadi lawan Jepang. Kemenangan dua gol tanpa balas menjadi hasil yang didapat oleh Takefusa Kubo dan kawan-kawan.

Jepang meneruskan tren positif mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menghadapi Myanmar dan Suriah, mereka mencatat kemenangan dengan skor identik 5-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya