Timnas Qatar Menggebrak Asia! Selangkah Lagi Samai Catatan Tim Top

Timnas Qatar lolos babak 16 besar Piala Asia 2023
Sumber :
  • afcasiancup

Jakarta – Timnas Qatar dalam upaya menyamai catatan empat tim teratas benua Asia. Mereka bisa masuk dalam daftar itu jika berhasil mengalahkan Timnas Yordania dalam final Piala Asia 2023 di Lusail Stadium, Sabtu malam WIB 10 Februari 2024.

Pemkot Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan di Depok Open Space

Sebagai tuan rumah, Qatar diunggulkan bisa memenangkan pertandingan ini. Namun, mereka tak bisa menganggap remeh Yordania yang juga sedang berupaya untuk mengukir sejarahnya di Piala Asia.

Apabila Qatar bisa memenangkan pertandingan final nanti, mereka akan menjadi juara Piala Asia dalam dua edisi beruntun. Karena pada 2019 di Uni Emirat Arab, mereka jadi juara usai mengalahkan Jepang dengan skor 3-1 di laga final.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Pemain Timnas Qatar rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Sepanjang sejarah Piala Asia bergulir, baru ada empat negara yang mampu merebut dua gelar juara beruntun. Mereka adalah Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Jepang. Keempatnya sekarang ini adalah tim papan atas Asia.

Ini Wasit yang Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Jika Qatar berhasil menyamai catatan tersebut, upaya pengembangan sepakbola yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir menemukan hasil terbaiknya. Karena sejak ikut serta pada Piala Asia 1980, baru di edisi 2019 dan sekarang mereka bisa sampai ke final.

Capaian terbaik Qatar sebelum dua edisi tersebut adalah babak perempat final, yakni pada 2000 dan 2011. Selebihnya tim berjuluk Al-Annabi selalu terhenti di fase grup.

Perjalanan di Piala Asia 2023

Pemain Timnas Qatar rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Menjadi tuan rumah memberi keuntungan bagi Qatar karena dukungan dari suporter begitu massif. Tergabung ke dalam Grup A, mereka berhasil menyapu bersih dengan kemenangan.

Lebanon menjadi korban pertama dengan kemenangan tiga gol tanpa balas. Selanjutnya Qatar menang tipis 1-0 atas Tajikistan dan China. Mereka lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Palestina coba mengadang Qatar pada babak 16 besar. Namun, skuad asuhan Tintin Marquez mampu memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Di perempat final, kemenangan lewat adu penalti didapatkan atas Uzbekistan.

Iran menjadi lawan berat berikutnya bagi tuan rumah di babak semifinal. Drama lima gol terjadi, dan Qatar yang keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya