Kebobolan 25 Gol, Timnas Yordania Melangkah ke Final Piala Asia 2023

Timnas Yordania
Sumber :
  • AFC

Jakarta – Timnas Yordania adalah Kuda Hitam yang benar-benar mengejutkan di Piala Asia 2023. Tak ada yang menyangka skuad asuhan Hussein Ammouta bisa sampai ke babak final. Sejarah tercipta, dan mereka masih belum mau berhenti.

Nobar Piala Asia U-23 Diwarnai Aksi Lempar Botol di Tangerang, Kapolres Turun Tangan

Final Piala Asia 2023 adalah yang pertama sepanjang keikutsertaan Yordania. Impian lebih tinggi lagi bisa mereka capai, asalkan bisa mengalahkan Timnas Qatar dalam duel di Lusail Stadium, Sabtu malam WIB 10 Februari 2024.

Tidak mudah bagi Yordania untuk mengalahkan Qatar. Mengingat sang lawan juga memiliki tambahan kekuatan dari suporter yang pastinya akan memadati tribun stadion. Apalagi mereka dalam misi untuk menjadi juara Piala Asia dua kali beruntun.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Mousa Altamari yang mendapat julukan Messi Yordania

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Mousa Altamari dan kawan-kawan memang tidak diunggulkan. Tapi tidak tertutup kemungkinan mereka akan membuat kejutan. Sebelumnya Korea Selatan sudah jadi korban karena kalah 0-2 dari Yordania di babak semifinal.

Hal yang Buat Erick Thohir Yakin Timnas Indonesia U-23 Tembus Final Piala Asia

Menilik perjalanan Yordania di Piala Asia 2023, rasanya mungkin saja kejutan sekaligus keajaiban bakal muncul lagi. Bahkan bakal lebih mencengangkan jika menariknya sejak akhir 2023, di masa persiapan ke Piala Asia.

Menjalani dua pertandingan persahabatan pada September 2023, Yordania menelan kekalahan dari dua tim asal Eropa, Norwegia dan Azerbaijan. Delapan gol bersarang ke gawang mereka, dan cuma satu yang bisa dicetak.

Norwegia yang turun bertanding tanpa diperkuat Erling Haaland menggilas Yordania dengan skor enam gol tanpa balas. Kemudian mereka kembali kalah 1-2 saat menantang Azerbaijan.

Pemain Timnas Yordania rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Berselang sebulan kemudian, Yordania berinisiatif menggelar turnamen internasional dengan mengundang Iran dan Irak. Dua kali mereka kalah pada kesempatan ini, yakni 1-3 dari Iran, dan adu penalti ketika menghadapi Irak setelah dalam waktu normal main imbang 2-2.

Yordania masih terseok-seok dalam uji coba berikutnya melawan Arab Saudi pada November 2023. Tim berjuluk The Chivalrous harus takluk 0-2. Pada Desember 2023, giliran Lebanon mengalahkan mereka dengan skor 1-2.

Situasi tersebut membuat banyak persepsi buruk jelang Yordania mengarungi Piala Asia 2023. Pada 5 Januari 2024, para penggemar mereka sedikit bernafas lega karena uji coba melawan Qatar bisa dimenangkan dengan skor 2-1.

Sayangnya, berselang empat hari kemudian, gawang Yordania kebobolan enam kali. Mereka mengakhiri pertandingan uji coba melawan Jepang dengan kekalahan 1-6. Jika ditotal, sebelum memulai Piala Asia 2023, mereka 25 kali kebobolan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya