Hattrick Penalti Bikin Pembobol Gawang Timnas Indonesia Gagal Top Skor Piala Asia 2023

Penyerang Timnas Irak, Aymen Hussein
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Jakarta – Aymen Hussein, pembobol gawang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 gagal menjadi top skor. Dia kalah dari penyerang Timnas Qatar, Akram Afif yang mencetak hattrick penalti di pertandingan final melawan Timnas Yordania, Sabtu malam WIB 10 Februari 2024.

Bung Towel Kasih 3 'Kisi-kisi' Supaya Timnas Indonesia Menang dari Uzbekistan

Aymen Hussein sebelum pertandingan final Piala Asia 2023 Yordania vs Qatar di Lusail Stadium berlangsung masih ada di puncak top skor. Dia mencetak enam gol bersama Timnas Irak.

Satu dari enam gol yang dicetaknya di Piala Asia 2023 adalah ke gawang Timnas Indonesia yang dikawal Ernando Ari pada pertandingan Grup D. Itu juga yang membuka keran golnya di ajang bergengsi sepakbola Asia.

Bung Towel Yakin Timnas Indonesia Menang dari Uzbekistan: Asal Gak Kebobolan Duluan

Alireza Faghani kasih kartu kuning ke penyerang Timnas Irak, Aymen Hussein

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Setelah itu Aymen Hussein menambah pundi-pundi golnya lagi. Saat Irak menang 2-1 atas Jepang, penyerang berusia 27 tahun itu memborong semua gol timnya. Tambahan dua gol lagi darinya ketika mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2.

Erick Thohir Minta Doa Rakyat untuk Kemenangan Timnas Indonesia atas Uzbekistan

Hussein mencetak gol keenamnya di Piala Asia 2023 ketika Irak menghadapi Yordania di babak 16 besar. Sayangnya itu menjadi kesempatan terakhirnya membobol gawang lawan di ajang ini, karena timnya kalah 2-3.

Momen pahit Hussein bersama Irak di Piala Asia 2023 tak cuma itu. Karena saat kalah dari Yordania, dia juga mendapat kartu kuning kedua karena selebrasi makan rumput.

Akram Afif Menyodok

Penyerang Timnas Qatar, Akram Afif

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Akram Afif masih kalah tajam dari Aymen Hussein di fase grup. Karena pemain berusia 27 tahun itu baru mencetak tiga gol di Grup A, dengan rincian dua ke gawang Lebanon dan satu ketika menghadapi Tajikistan.

Di babak 16 besar ketika Qatar mengalahkan Palestina dengan skor 2-1, Afif mencetak satu gol. Perolehan itu masih membuatnya tertinggal dua gol dari Hussein.

Upaya mengejar perolehan gol Hussein oleh Afif sempat meredup di babak perempat final menghadapi Uzbekistan. Karena dia gagal untuk menambah pundi-pundinya.

Baru di babak semifinal Afif bisa mencetak satu gol dalam kemenangan 3-2 atas Iran. Itu membuatnya cuma ketinggalan satu gol dari Hussein di daftar top skor Piala Asia 2023.

Pemain asal klub Al Sadd itu berhasil mengubur impian Hussein untuk jadi topskor Piala Asia 2023. Hattrick yang dicetak lewat eksekusi penalti ke gawang Yordania di pertandingan final membuatnya menjadi top skor seorang diri dengan total delapan gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya