Timnas Qatar Juara Piala Asia 2023, Akram Afif Hattrick Penalti

Final Piala Asia 2023 Yordania vs Qatar
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Qatar – Timnas Qatar juara Piala Asia 2023. Mereka memenangkan pertandingan final dengan skor 3-1 atas Timnas Yordania di Lusail Stadium, Sabtu malam WIB 10 Februari 2024. Dua gol tuan rumah tercipta melalui penalti.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Bermain di depan pendukung sendiri tak lantas membuat Qatar bisa dengan mudah menjalani pertandingan. Karena Yordania mampu memberikan perlawanan sengit sejak menit awal.

Pertandingan pun berjalan seru karena kedua tim saling jual beli serangan. Qatar berhasil mendapatkan momentum bagus setelah Akram Afif melakukan akselerasi dari sisi kiri penyerangan.

Hal yang Buat Erick Thohir Yakin Timnas Indonesia U-23 Tembus Final Piala Asia

Qatar usai cetak gol ke gawang Yordania

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Dia membawa bola masuk ke dalam kotak penalti, dan terjatuh ketika bek Yordania, Abdallah Nasib coba melakukan adangan. Wasit tanpa ragu langsung meniup peluit dan menunjuk titik putih.

Arsenal Masih Belum Sempurna Meski Menang di Markas Tottenham

Akram Afif langsung menjadi algojo tendangan penalti. Dengan tenang dia mengarahkan bola ke sisi kiri, dan itu membuat kiper Yordania, Yazeed Abulaila sulit untuk menjangkaunya.

Ketinggalan satu gol membuat Yordania tersentak. Mousa Altamari dan kawan-kawan langsung meningkatkan intensitas serangan. Upaya mereka beberapa kali berhasil menciptakan peluang, tapi sayang tak bisa dikonversi jadi gol.

Memulai babak kedua, Yordania memperlihatkan tekad bermain habis-habisan. Mereka memberi tekanan ke pertahanan Qatar yang harus sampai jatuh bangun mengadangnya.

15 menit babak kedua berjalan, sekira empat peluang diciptakan oleh Yordania. Beruntung bagi tuan rumah karena kiper Meshaal Barsham masih mampu untuk melakukan penyelamatan gemilang.

Upaya yang dilakukan Yordania membuahkan hasil ketika pertandingan memasuki menit 67. Yazan Alnaimat yang mendapatkan bola di dalam kotak penalti langsung melepaskan tendangan keras menggunakan kaki kiri. Basham tak berdaya untuk menepis.

Yordania vs Qatar

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Sayangnya gol penyeimbang itu cuma bertahan sekira enam menit. Karena setelah itu Qatar kembali mendapatkan penalti dari wasit. Momen pemberian penalti ini terbilang menegangkan.

Karena ini diawali oleh adangan Mahmoud Almardi terhadap penyerang Qatar, Ismail Mohamad. Awalnya wasit menganggap itu bukan pelanggaran dan permainan terus berlanjut sekira dua menit lebih.

Ketika permainan terhenti, ada sinyal dari video assistant referee (VAR) agar wasit melakukan pemantauan. Dari sana didapati Almardi melakukan pelanggaran dan Qatar kembali dapat penalti.

Akram Afif kembali maju menjadi algojo. Untuk kedua kalinya, eksekusi dia ke arah kiri tak berhasil dihentikan oleh Yazeed Abulaila.

Yordania kembali mencoba untuk bisa mengejar ketertinggalannya. Akan tetapi, mereka kembali mendapat hukuman penalti di masa injury time, dan Akram Afif mencetak hattrick-nya.

Bagi Qatar ini adalah gelar juara Piala Asia kedua mereka dalam sejarah. Menariknya, mereka mendapatkan ini secara beruntun. Dengan dua gelar juara beruntun, kini mereka ada di jajaran tim top Asia, seperti Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Jepang.

Susunan Pemain

Timnas Yordania: Yazeed Abulaila; Yazan Alarab, Salem Aljalin, Abdallah Nasib, Noor Alrawabdeh, Nizar Alrashdan, Mahmoud Almardi (Saleh Ratib 80'), Ehsan Haddad, Yazan Alnaimat, Ali Olwan, Mousa Altamari.

Timnas Qatar: Meshaal Barsham; Almahdi Ali Mukhtar (Boualem Khoukhi 81'), Lucas Mendes, Tarek Salman, Hassan Alhaydos (Abdulaziz Hatem 53'), Jassem Abdulsallam (Ali Asad 53'), Ahmed Fathi, Mohammed Waad, Yusuf Abdurisag (Ismail Mohamad 63'), Akram Afif, Almoez Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya