Southgate Pusing Banyak Pemain Top di Timnas Inggris, Phil Foden Beri Kode Mau di Posisi Ini

Gelandang Timnas Inggris, Phil Foden
Sumber :
  • AP Photo/Abbie Parr

VIVA – Phil Foden telah mengirimkan pesan yang jelas kepada manajer Timnas Inggris Gareth Southgate tentang posisinya di Timnas Inggeis menjelang Euro 2024.

Slovenia Paksa Denmark Berbagi Angka dalam Laga Perdana Grup C EURO 2024

Inggris menuju turnamen musim panas ini di Jerman sebagai favorit juara, dengan skuad Southgate penuh dengan talenta kelas dunia – terutama lini serang.

Southgate menghadapi tugas sulit untuk mengembangkan formasi terbaiknya, dengan pemain seperti Jude Bellingham dan Phil Foden bersaing untuk mendapatkan posisi yang sama.

Bentrok Suporter Pecah Jelang Laga EURO 2024 Serbia Vs Inggris

Foden menikmati musim individu terbaiknya bersama City, mencetak 27 gol dan memberikan 11 assist di semua kompetisi untuk membantu timnya mengklaim gelar Liga Premier keempat berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia bisa mengakhiri musim dengan lebih banyak trofi, dengan City menghadapi rivalnya Manchester United di final Piala FA pada hari Sabtu.

Wout Weghorst Jadi Pahlawan Kemenangan Timnas Belanda Atas Polandia

Foden yang meraih penghargaan pemain Terbaik Liga Premier Musim Ini tampaknya akan menjadi starter untuk Inggris di Euro tetapi masih ada spekulasi mengenai di mana dia akan bermain, di tengah dugaan bahwa dia mungkin terpaksa bermain di posisi yang lebih luas untuk mengakomodasi pemain lain seperti Bellingham.

Mantan pemain internasional Inggris Gary Lineker mengatakan dia ingin melihat Foden berperan sebagai pemain nomor 10 di Euro.

Berbicara kepada William Hill, Lineker berkata: "Phil Foden akan bermain, dia pemain kelas dunia. Dia harus memulai dari sisi itu, tapi pertanyaannya adalah di mana karena kami dimanjakan dengan pemain nomor 10 di skuad. Karena itu, dia bisa bermain di kedua sayap juga. Saya tertarik untuk melihat bagaimana dan di mana dia tampil untuk Inggris.

“Saya ingin melihatnya memainkan peran nomor 10 bersama Jude Bellingham di lini tengah. Apakah Gareth Southgate akan melakukan hal itu, kita harus menunggu dan melihat.”

Foden kini telah mengonfirmasi posisi pilihannya untuk tim nasional dalam sebuah wawancara dengan reporter BBC Dan Roan.

"Saya selalu bilang saya suka lini tengah, itu posisi terbaik saya. Tapi saya sudah menunjukkan bahwa saya bisa bermain di posisi mana pun yang diberikan manajer kepada saya," kata Foden.

“Saya bermain di sayap kiri, sayap kanan, dan masih melakukan pekerjaan dengan baik. Di mana pun manajer melihat saya bermain, saya akan sangat senang melakukan pekerjaan di posisi itu. Saya mampu bermain di banyak posisi. Lagipula itu adalah sesuatu yang sudah biasa kulakukan," ucapnya.

Foden masuk dalam skuad sementara 33 pemain Inggris untuk Euro awal bulan ini, dengan skuad 26 pemain terakhir akan diumumkan pada 8 Juni. Sebelumnya, Inggris akan menghadapi Islandia dalam pertandingan persahabatan pada 3 Juni sebelum menghadapi Bosnia dan Herzegovina pada 7 Juni.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya