Tekuk Timor Leste, Kamboja Pastikan Tiket ke Piala AFF

Para pemain timnas Kamboja
Sumber :
  • http://www.aseanfootball.org

VIVA.co.id – Kamboja memastikan diri lolos sebagai tim terakhir yang mendapatkan tiket ke Piala AFF 2016. Mereka lolos lewat jalur kualifikasi, usai menekuk Timor Leste 3-2, Jumat 21 Oktober 2016.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Tampil di hadapan publik sendiri, Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja yang tinggal butuh hasil imbang untuk lolos, sukses unggul 2-0 terlebih dahulu. Tith Dina membawa tuan rumah unggul cepat lewat golnya di menit 2. Setelah itu, Chan Vathanaka menggandakan keunggulan Kamboja di menit 17.

Namun, Timor Leste tak menyerah begitu saja. Mereka sukses menyamakan kedudukan berkat gol Anggisu di menit 20, dan gol Nelson Viegas di menit 36. Dan akhirnya, Kamboja memastikan kemenangan berkat gol Chan Vathanaka di menit 78.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Di laga lain yang berlangsung di RSN Stadium, Phnom Penh, Laos sukses menekuk Brunei Darussalam 4-3. Brunei unggul terlebih dahulu lewat gol Adi Said di menit 36.

Namun, setelah itu, Laos mengamuk dengan mencetak tiga gol, lewat aksi Soukaphone Vongchiengkham (45') disusul dua gol Phatthana Syvilay (51' dan 57'). Brunei kembali membalas lewat gol penalti Faiq Bolkiah (67').

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Syvilay melengkapi torehan hattrick di menit 76. Brunei memperkecil kedudukan lewat gol Razimie Ramlli di masa injury time.

Hasil ini membuat Kamboja lolos ke babak utama Piala AFF, sebagai juara kualifikasi dengan 9 poin dari 3 pertandingan. Laos harus puas menjadi runner-up dengan 6 poin dan gagal lolos ke Piala AFF.

Di Piala AFF nanti, Kamboja melengkapi peserta di Grup B. Mereka akan bersaing dengan Myanmar, Malaysia dan Vietnam. Sedangkan Grup A diisi oleh Filipna, Thailand, Singapura, dan Indonesia.

Susunan Pemain

Kamboja: Um Sereyroth, Sok Sovan, Sam Oeun Pidor, Chhin Chhoeun, Prak Mony Udom, Tith Dina, Chan Vathanaka, Keo Sokpheng, Soeuy Visal, Chrenrng Polroth, Nub Tola

Timor Leste: Fagio, Anggisu, Jorge Sabas, Filipe, Nelson Viegas, Olegario, Jose Fonseca, José Oliveira, Rufino, Nidio Ricardo, Silverio Garcia     

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya