4 Penyebab Timnas Indonesia Batal Tampil di Piala AFF U-23

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia U-23. Skuad Garuda Muda resmi menarik diri dari ajang Piala AFF U-23 Kamboja.

Akhiri Polemik Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia, PSSI: Tinggal Ngobrol

Sekretaris jendral PSSI, Yunus Nusi mengatakan, keputusan itu diambl setelah diskusi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami," kata Yunus Nusi.

Pemain Terbaik Piala AFF U-23, Arkhan Fikri Pulang Kampung ke Sumut Tanpa Sambutan

Ada sejumlah alasan kuat yang menjadi penyebab Timnas Indonesia U-23 batal tampil di Piala AFF. Apa saja?

1. Saat ini hanya tersisa satu orang kiper, yakni Muhammad Riyandi. Riyandi juga baru saja menjalani karantina selama 10 hari. Satu kiper lainnya, yakni Cahya Supriyadi juga positif COVID-19.

Rencana Shin Tae-yong Usai Gagal Bawa Timnas Indonesia. U-23 Juara Piala AFF

2. Cedera melanda. Saat ini 3 pemain yang mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1 yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

3. Selain cedera, TImnas U-23 dihantam COVID-19. 7 pemain dan seorang ofisial dinyatakan positif. Mereka adalah; Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

4. 4 pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan terpapar COVID-19. Mereka adalah; Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Shin Tae-yong mengakui, hal ini adalah yang pertama kali ia alami sepanjang kariernya menjadi pelatih.  "Kondisi ini paling buruk selama saya pegang tim ini," katanya ketika ditemui di Kantor Kemenpora, Senayan, Kamis 10 Februari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya