Timnas Futsal Indonesia Masih Berharap Berangkat ke SEA Games

Timnas Futsal Indonesia jumpa Thailand di final Piala AFF
Sumber :
  • federasifutsal_id

VIVA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) awalnya tidak melihat Futsal sebagai cabang olahraga yang bisa menyumbangkan medali di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Cabor tersebut tidak diberangkatkan, namun kondisi terbaru bisa saja mengubah keputusan ini. 

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Sebanyak 31 cabang olahraga akan diberangkatkan ke SEA Games, tapi tidak termasuk futsal putra. Selain itu ada 13 cabang olahraga yang tidak berangkat juga, beberapa diantaranya tenis meja, bola tangan indoor hingga sepakbola putri. 

Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, Moch Asmawi menyebut alasan tidak memberangkatkan futsal putra karena tidak memiliki peluang meraih medali.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Timnas Futsal Indonesia

Photo :
  • instagram

"Review itu tidak hanya kami wawancara dengan cabang-cabang olahraga, tetapi kami juga mempunyai data dan mempunyai track record. Data itu multi event yang terakhir diikuti kalau enggak begitu kita juga melihat track recordnya di kejuaraan resmi,” kata Prof. Dr. Moch. Asmawi dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

“Kurang lebih ada 14 cabang olahraga dalam DBON, tentunya yang nantinya mempunyai kans untuk meraih medali emas, perak dan perunggu, 14 cabang olahraga ini kami sudah mempunyai analisa prestasi semuanya,” ujarnya.

Tapi prestasi terbaru futsal Indonesia di ajang Piala AFF 2022 bisa jadi alasan Kemenpora untuk mengubah keputusan tersebut. 

Diketahui timnas Futsal Indonesia memang gagal menjadi juara di ajang Piala AFF Futsal 2022, namun performa mereka cukup menjanjikan. Melawan Thailand yang notabene raksasa di Asia Tenggara di final, Indonesia bisa mengatasinya.

Di laga puncak pada Minggu 10 April 2022, Indonesia kalah melalui drama adu penalti (3-5) usai skor 2-2 bertahan hingga waktu normal. 

Manajer timnasi futsal Indonesia, Dimas Bagus Kurniawan masih yakin skuadnya bisa berkompetisi di SEA Games. "Insha Allah jadi (berangkar ke SEA Games 2021)," kata Dimas dilansir Antara.

"Saya tidak bisa berkomentar soal itu (skema keberangkatan timnas futsal Indonesia). Saya juga tidak bisa berkomentar soal siapa saja pemain yang masuk skuad (untuk SEA Games 2021)," tutur Dimas Bagus.

"Soal teknis menjadi keputusan pelatih," pungkas Dimas Bagus.

Untuk diketahui, di SEA Games performa timnas futsal sebenarnya cukup mentereng. Sejak dikompetisikan di SEA Games tahun 2007 lalu sudah tiga medali yang didapat yaitu di thaun 2007, 2011 dan 2013 (semua medali perunggu).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya