Kelanjutan Liga 1 Tergantung Polisi, Kata Menpora

Menpora RI) Zainudin Amali.
Sumber :

VIVA Bola – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengatakan bahwa kelanjutan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 tergantung dari pihak kepolisian. Kompetisi sepakbola Indonesia memang untuk sementara berhenti sejenak.

Lawan Madura United, Persib Bandung Ingin Stadion Si Jalak Harupat Kembali Berisik

Hal ini tak lepas dari tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober lalu. Insiden ini pun menelan korban jiwa sebanyak 135 orang meningga dunia dan ratusan lainnya mengalami luka ringan dan berat.

Arema FC vs Persebaya Liga 1 2022/2023

Photo :
  • instagram.com/liga1match
Final Championship Series Liga 1: Pelatih Persib Ungkap Cara Sulitkan Madura United

Terkait kelanjutan Liga 1 memang sempat diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia mengharapkan, Liga 1 bisa segera diberikan oleh pemangku kebijakan.

Disinggung hal ini, Menpora Amali mengatakan, semua itu tergantung dari pihak kepolisian.

Tiket Ludes, Madura United Bakal 'Diteror' saat Lawan Persib Bandung

"Pemerintah itu maksudnya di Polri bukan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Saya biasanya pimpin rapat koordinasi saja," ujar Menpora Amali, kepada wartawan, Rabu 2 November 2022.

Amali menambahkan, jika pihak kepolisian sudah mengatakan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 sudah boleh berjalan maka akan segera berlangsung rapat koordinasi dengan pihak terkait.

"Kalau Polisi sudah bilang boleh nanti akan ada rapat koordinasi lagi. Dan bila nanti Liga 1 berjalan lagi saya rasa masih tanpa penonton," ungkap politisi partai Golkar tersebut.

Borneo FC vs Persib Bandung di Liga 1 2022/2023

Photo :
  • instagram.com/persib

Terkait dengan penanganan kasus tragedi Kanjuruhan, Amali memastikan, proses penyelidikan dan penyidikan tetap berlanjut. Penanganan hukum kasusnya terpisah dari kompetisi sepak bola.

"Kan itu Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan kita boleh bersedih tapi ini (sepakbola) harus berjalan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya