Menpora Sebut Lanjutan Liga 1 2022/23 Berdampak Baik untuk Timnas Indonesia

Madura United vs Bali United di Liga 1 2022/2023
Sumber :
  • instagram.com/baliunitedfc

VIVA Bola Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan bahwa lanjutan Liga 1 2022/23, yang dimulai sejak 5 Desember lalu, sudah berjalan baik. Hal tersebut dia ungkapkan usai meninjau langsung pertandingan Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, pada Minggu 11 Desember lalu.

Cek Fakta: Guinea Didiskualifikasi, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade 2024

Menpora Amali menjelaskan, bergulirnya kembali Liga 1 2022/23 juga tak terlepas dari kepentingan Timnas Indonesia. Apalagi, tim asuhan Shin Tae-yong itu akan tampil di Piala AFF 2022, sedangkan Timnas Indonesia U-20 bakal terjun di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Menpora RI Zainudin Amali.

Photo :
Respons Mengejutkan Shin Tae-yong Usai Indra Sjafri 5 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Menurutnya, vakumnya kompetisi selama sekitar dua bulan kemarin tentu akan memberi pengaruh terhadap kondisi pemain. Terlebih, aktivitas mereka hanya latihan bersama dan tidak mengalami atmosfer kompetisi.

"Pelatih Shin Tae-yong, ketika membawa timnas U-20 ke Spanyol, menyampaikan kepada saya bahwa banyak pemain yang kondisnya turun akibat terhentinya kompetisi selama dua bulan," kata Zainudin Amali.

Netizen Indonesia Ngamuk Lagi, Setelah Serang Elkan Baggott Kini Geruduk Como 1907

"Oleh karena itu, Liga 1 yang kembali bergulir sekarang ini akan memiliki dampak terhadap persiapan pemain," sambungnya.

Selain itu, Menpora juga mengapresiasi PT. Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator penyelenggaraan Liga 1, yang melaksanakan tugas sesuai paparan saat pengajuan izin lanjutan kompetisi.

“Saya sempat ke Semarang, meninjau apakah LIB sesuai dengan komitmen yang dipaparkan gak? Ternyata benar, gak ada penonton, terbit dan segala macam,” ujar Zainudin.

Sebelumnya, Menpora Amali menegaskan bahwa bergulirnya kembali Liga 1 2022/23 tanpa penonton, sepenuhnya adalah untuk kepentingan Timnas Indonesia.

Mereka sudah melibatkan klub sesuai prosedur, dengan mendapatkan izin dari seluruh pihak terkait seperti Kepolisian, Kementerian Kesehatan, dan juga Kementerian PUPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya