Dulu Rasakan Magis Diego Maradona, Kini Timnas Indonesia Siap Jajal Lionel Messi

Diego Maradona
Sumber :
  • Netherland news Live

VIVA Bola –  Timnas Indonesia bakal bertemu Timnas Argentina dalam gelaran FIFA Matchday, Senin 19 Juni 2023. Duel digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Armada Shin Tae-yong berkesempatan menjajal pemain bintang dalam skuad Argentina. Termasuk peraih tujuh Ballon d'Or Lionel Messi.

Ternyata, sebelum bertemu Messi, Timnas Indonesia pernah bertemu pemain berkelas lainnya dari Timnas Argentina. Tak lain adalah Diego Maradona.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Momen tersebut tersaji di Piala Dunia U-20 1979 yang digelar di Jepang. Timnas Indonesia U 20 tergabung di Grup B bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia.

Dilansir situs resmi FIFA, Indonesia berhasil tampil di Piala Dunia U-20 tahun 1979 yang berlangsung di Jepang. Garuda Muda lolos setelah menembus perempatfinal di Piala Asia U-19 pada 1978. Irak yang seharusnya lolos ke Piala Dunia mengundurkan diri dan digantikan Indonesia.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Pemain Timnas Argentina Lionel Messi

Photo :
  • AP Photo

Di pertandingan pertama, Indonesia langsung bertemu Timnas Argentina di Omiya Stadium, 26 Agustus 1979. Hasilnya, bisa ditebak. Indonesia dibuat jadi ayam sayur oleh Argentina yang diperkuat Diego Maradona.

Maradona mencetak dua gol ke gawang Indonesia di menit 19 dan 39. Tiga gol Argentina lainnya lahir lewat lesakkan hattrick Ramon Diaz di menit 10, 23, dan 25. Indonesia pun kalah telak 0-5.

Argentina akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia U-20 1979. Mereka menaklukkan Uni Soviet 3-1 dalam laga final di National Stadium, Tokyo pada 7 September 1979. Ini merupakan gelar perdana Argentina di Piala Dunia U-20.

Mereka akhirnya menjadi tim tersukses di ajang ini dengan catatan tujuh gelar. Ramon Diaz menjadi top skor dan merebut Sepatu Emas dengan raihan 8 gol. Diego Maradona terpilih sebagai pemain terbaik dan menyabet Bola Emas.

Bulan Juni nanti, Indonesia akan bertemu Argentina yang diperkuat Lionel Messi. Apakah hasilnya sama seperti saat Argentina era Diego Maradona?
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya