3 Kekurangan JIS Ini Harus Dibenahi untuk Piala Dunia U-17

Papan penunjuk zona di Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • ANTARA/Abdu Faisal

VIVA Bola – Jakarta International Stadium (JIS) diusulkan menjadi salah satu venue Piala Dunia U 17 2023. Apalagi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak bisa digunakan karena akan digunakan untuk konser Coldplay.

Shin Tae-yong Tak Gentar dengan Target Tinggi dari PSSI

Namun, PSSI masih harus berbenah jika memang ingin menggunakan JIS. Setidaknya, ada tiga kekurangan JIS yang harus dibenahi untuk bisa menjadi venue Piala Dunia U-17.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebutkan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) memiliki kendala akses penonton dan area parkir yang terbatas.

Stadion Wergu Wetan Tuan Rumah 32 Besar Liga 3, Panpel Terus Lakukan Pembenahan

Warga berdatangan jelang grand launching Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

"Stadion JIS juga pasti kita akan cek. Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada empat pintu, baru terbuka satu pintu. Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter," kata Erick saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Shin Tae-yong Janji Bakal Lancar Bahasa Indonesia

Erick mengaku terbuka dengan arahan Presiden Joko Widodo yang memberi pilihan lokasi stadion selain Stadion Utama Gelora Bung Karno, termasuk JIS.

Namun di sisi lain, JIS memiliki kekurangan, yakni keterbatasan akses keluar-masuk untuk penonton sehingga dapat memengaruhi keselamatan dan keamanan penonton. Selain itu, kekurangan JIS juga terdapat pada penggunaan rumput jahitan yang digunakan.

Oleh karena itu, Erick bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan meninjau langsung JIS untuk memastikan kelayakan stadion tersebut sesuai standar FIFA.

"Kira-kira kekurangan apa yang harus dilengkapi? Saya yakin tidak mungkin FIFA tidak bilang standarnya tidak masuk karena sesuatu hal yang politis, tidak. Tetapi memang standar harus diselaraskan," kata Erick.

Kekurangan JIS yang dibenahi PSSI

1. Area parkir yang terbatas

2. Keterbatasan akses keluar-masuk untuk penonton

3. Penggunaan rumput jahitan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya